Kamis, 31 Oktober 2013

Rencana Besar

Judul: Rencana Besar
Penulis: Tsugaeda
Penyunting: Pratiwi Utami
Penerbit: Bentang Pustaka
Jumlah Halaman: 378
Cetakan: I, 2013
ISBN: 9786027888654

Sudah banyak saya membaca novel bergenre thriller, crime fiction, konspirasi, dan sejenisnya. Sebagian besar memang berasal dari penulis luar. Bukan berarti saya tak menyukai penulis lokal untuk genre ini, tapi sepertinya memang jarang penulis lokal yang mau menulis novel dengan genre tersebut. Kebanyakan penulis lokal yang saya tahu lebih memilih genre romance, atau fantasy (yang saya ketahui kebanyakan penulis lokal fantasy malah termasuk luar biasa semangat dan kebersamaannya).

Tsugaeda, banyak yang belum mengetahui kiprah penulis baru ini. Maklum bukunya baru satu, Rencana Besar. Dan meski belum terkenal kiprahnya dalam dunia kepenulisan, buku yang beliau tuliskan ini cukup menjanjikan. Saya berani memberikan nilai 4 bintang dari maksimal 5 di goodreads dengan pertimbangan bahwa saya memang menyukai dan bisa menikmati buku ini.

Alkisah Makarim Ghanim, seorang konsultan sumber daya manusia untuk berbagai perusahaan di Indonesia, mendapatkan misi dari rekan kuliahnya, Agung Suditama, seorang wakil direktur UBI, salah satu bank terbesar di Indonesia, untuk melacak siapa pembobol sistem keuangan di UBI. Kecurigaan awal jatuh pada tiga orang karyawan muda UBI yang memiliki kepintaran dan kecepatan perkembangan karir, Rifad Akbar, Amanda Suseno, dan Reza Ramaditya.

Tugas Makarim adalah menemukan siapa di antara ketiga orang tersebut yang melakukan kejahatan yang dituduhkan oleh Agung. Dan karena ketiga anak muda itu bekerja di UBI cabang Surabaya, Makarim harus terbang ke Surabaya dan melakukan penyelidikan dengan mendekati ketiga muda itu. Sepertinya mudah karena Makarim berhasil mendekati ketiga orang itu, dan dalam waktu singkat dia sudah menemukan kesimpulan, tetapi ada fakta baru yang ternyata membuat Makarim terperangah. Apalagi ada sosok baru yang muncul dalam misteri ini, Ayumi. Siapa lagi kah Ayumi, dan bagaimana keterkaitan antara tiga orang tersangka itu dengan Ayumi? Lebih baik membaca bukunya langsung untuk ikut tertarik dalam ketegangan yang tertulis oleh Tsugaeda.


Saya merasa di bagian awal, ceritanya masih terlalu datar. Saya pikir mas Tsugaeda masih kesulitan dalam memulai novelnya. Tetapi di 2/3 bagian selanjutnya, kata-kata sudah melancar lancar dan misteri yang ada, puzzle-puzzlenya semakin bertebaran, menantang pembaca untuk ikut berpikir penyelesaian misterinya. Yang jelas konsep yang kuat tentang kejahatan di dunia perbankan menjadi stimulus yang kuat untuk membuat buku ini menjadi menarik dibaca.

Dan bagusnya, meski terasa sekali konspirasinya, masalah yang diangkat rasanya adlah hal yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga saya tak terlalu kehilangan kemudahan pembacaan sebuah karya fiksi, tak seperti beberapa novel thriller yang kadang hal-hal yang terbaca masih belum pernah diketahui oleh pembaca.

Untuk sebuah karya debut, saya angkat jempol untuk mas Tsugaeda, karena Rencana Besar memang sudah membuat saya senang dalam pengalaman membacanya.

5 komentar:

  1. Wah, mas Tez baca ini juga. haha.

    BalasHapus
  2. asiiik, bagus ya bukunya? aku penasaran pengen baca novel lokal dengan tema konspirasi, tp so far review2 buku lain jelek2 hehehe...buku ini bisa deh jadi pilihan :)

    BalasHapus
  3. Suka juga deh sama buku ini, bikin penasarannn

    BalasHapus
  4. Wah,wah! Semakin penasaran pengen baca buku ini.
    Tema konspirasi sih bukan tema favorit, tapi pengen tau aja kalau penulis nasional yang nulis :)

    BalasHapus
  5. Wah konspirasi di dunia perbankan ya..
    Lumayan kayaknya buat menyegarkan otak ke kuliah akuntansi yag sudah mengarat..

    BalasHapus