Rabu, 27 November 2013

Wishful Wednesday #55

Jumpa lagi di hari rabu, saat kita bisa bermimpi untuk memiliki sebuah buku. Dan tentu saja dengan impian semoga buku impian tersebut bisa dimiliki tentunya. :)
Minggu ini saya mau memajang buku:
Mengislamkan Jawa buah karya M.C. Ricklefs
Islamisasi Jawa? Mengapa tema ini sangat penting? Antara lain karena suku Jawa merupakan salah satu kelompok etnis terbesar di dunia muslim. Dengan sekitar 100 juta dari hampir 250 juta penduduk Indonesia, etnis Jawa sekaligus merupakan suku terbesar di Indonesia. Karena itu, etnis Jawa memainkan peran penting dalam berbagai dinamika Indonesia sejak dari sosial, budaya, agama, ekonomi, dan politik dalam periodisasi sejarah nusantara.

Meski demikian, banyak kalangan, di dalam maupun luar negeri, melihat sebagian besar Muslim Jawa hanyalah abangan atau “Islam KTP”. Masih absahkah anggapan tersebut?

Sejarawan terkemuka Ricklefs membantah anggapan itu secara meyakinkan dalam karya mutakhirnya ini. Islamisasi masyarakat Jawa terus berlanjut sejak kemunculan Islam dalam masyarakat Jawa pada abad ke-14. Ia menunjukkan bahwa tanah Jawa kini makin “hijau”: Islamisasi mengalami pendalaman dan proses ini tak bisa dibalikkan.

Buku kaya data (dari beragam literatur, primer dan sekunder, juga wawancara, sensus dan survei) ini mengupas bagaimana masyarakat Muslim Jawa melewati masa sulit sejak awal penyebaran Islam, penjajahan kolonialisme Belanda dan Jepang, periode kemerdekaan, pemerintahan Presiden Soekarno yang kacau, totalitarianisme Presiden Soeharto, dan demokrasi kontemporer. Bagaimana masyarakat Muslim Jawa menempuh berbagai perubahan itu, kini menjadi contoh luar biasa dalam hal peningkatan religiositas keislaman. Tentu saja, proses Islamisasi itu tidak bergerak lurus (linear), tapi panjang dan berliku. Selamat menikmati kisah tentang terang-pudar Islam di Tanah Jawa sejak abad ke-14 sampai sekarang.

Kenapa saya memilih buku ini untuk minggu ini? Jujur aja saya tertarik akan temanya. Sebuah pengalaman sejarah yang dialami oleh penduduk Jawa, dari sudut panjang sejarahwan barat. Tentu saja akan menarik kalau bisa dikomparasikan dengan sejarahwan lokal dan saya berharap bisa bermunculan buku-bukunya.

Ini impian saya minggu ini, bagaimana dengan Anda? Ikutan WW yuk dengan cara:
  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post WW milik kak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

4 komentar:

  1. Rasanya blom pernah baca buku sejarah kecuali buku sekolah.
    Nampak berat isinya :D

    BalasHapus
  2. Semoga terkabul ya! ;)

    @lucktygs
    luckty.wordpress.com/2013/11/27/wishful-wednesday-34-tiga-bianglala/

    BalasHapus
  3. aku baru beliin buku ini buat Rahib yang menang giveaway minggu lalu XD semoga dirimu juga segera bisa terkabul ya :)

    BalasHapus
  4. Ikut penasaran dan menunggu reviewnya :p

    Semoga segera terkabul, mas! :D

    BalasHapus