Jumat, 06 Juni 2014

Koma

Judul: Koma
Penulis: Rachmania Arunita
Editor: Noni Rosliyani
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan: I, 2013
Jumlah Halaman: 298
ISBN: 9786027888890

Jani mengalami koma kareana mobil yang ditumpanginya bersama sang kekasih, Raka mengalami kecelakaan. Di dalam kehidupannya ketika koma, ia bertemu dengan Leo, pasien koma juga yang telah mengalami koma sepanjang 2 tahun. Bersama Leo, Jani mulai memahami makna dari hidup yang sebelumnya sempat ia sia-siakan. Dan Jani mulai mencintai Leo. Begitu pun dengan Leo. Apakah Raka akan terlupakan? 
 
 
Koma, merupakan persentuhan pertama saya dengan tulisan Rachmania Arunita. Sebelumnya, saya hanya menyaksikan film adaptasi novelnya, Eiffel, I'm in Love. Saya pikir dengan novel yang sudah dijadikan sebagai film yang bahkan populer, kualitas menulisnya sangatlah baik. Tapi membaca Koma, saya harus berapa kali geleng-geleng kepala. Bukan berarti sang penulis gagal membuat tulisan yang bagus. Tapi saya tersiksa dengan kurang lebih 100an halaman mendapati cerita yang minim aksi dan seting. Yang saya dapat hanya rangkaian percakapan panjang antara Jani dan Leo.

Beberapa kali memang diselingi oleh karakter lain tapi balik-balik lagi ketemu Leo dan Jani lagi. Bukan karena kalimat-kalimat yang ditulis jelek. Tapi saya merasa sangat bosan dan menjenuhkan. Hampir saja saya memasukkan buku ini ke unfinished reading. Tapi saya percaya, harusnya ada yang lebih dari sekitar seratusan halaman awal.

Memang ada konflik. Memang ada cerita yang tegas. Dan endingnya, memang bagi saya cukup menarik, tapi overall, saya merasa buku ini tak mampu meyakinkan saya untuk memberikan penilaian yang bagus. Dan ya, mungkin saya terlalu terjebak pada idealisme membca saya, tapi saya rasa, novel ini kurang meyakinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar