Sabtu, 15 September 2012

Menerjang Harapan

Judul: Menerjang Harapan - Dari Jakarta Menuju Gedung Putih
Penulis: Barack Obama
Penerjemah: Ruslani & Lulu Fitri Rahman
Penerbit: Ufuk Press
Jumlah Halaman: 526
ISBN: 9789791238342

Barack Obama menulis The Audacity of Hope yang diterjemahkan oleh penerbit Ufuk ini menjadi Menerjang Harapan ini merupakan buku yang kedua ditulis oleh Obama, setelah Dreams from My Father. Dalam buku ini, Obama menuliskan banyak hal, pemikiran mengenai Indonesia negara tempat dia sempat menetap semasa kecilnya, hukum, perpolitikan di Amerika, dan berbagai masalah yang dihadapi bangsa Amerika. Patut menjadi perhatian, buku ini ditulis semasa Obama masih menjabat sebagai senator, belum duduk menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. (Maka) dalam buku ini, mungkin Anda akan temui kritiknya terhadap beberapa kebijakan Bush Jr., yang menjabat di saat buku ini ditulis.

Menarik memang mencermati apa pemikiran Obama. Beberapa pesan yang dia cetuskan cukup menarik. Meski saya yakin tak semuanya memang mudah untuk direalisasikan. Saya tak sepenuhnya setuju akan pesan-pesan Obama di buku ini, tapi apa yang beliau cetuskan, tentu mempunyai alasan, setidak-tidaknya mengapa Obama mencetuskan pendapatnya ada alasannya. 

Kemmapuan Obama menulis, seharusnya menjadi contoh, buat para politikus kita, untuk bisa melihat persoalan yang ada di Indonesia, kemudian menuliskan gagasannya, untuk direalisasikan meski dalam percaturan politik semata, tetapi paling tidak hal itu bisa menjadi acuan bagi rakyat kita untuk memilih politikus yang layak duduk sebagai wakil rakyat. Semoga buku ini menjadi contoh yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar