Jumat, 30 Agustus 2013

Scene on Three #1

Ikutan meme lagi, hehehe. Rasanya udah lupa berapa meme yang diikuti, tapi semoga saja bisa konsisten, demi meramaikan blog ini. Kali ini memeyang saya ikuti adalah Scene on Three dimana kita memajang adegan yang menurut kita sangat menarik, dihost oleh kakak Bzee, yang tayang setiap ada angka 3 di tanggal hari itu.

Untuk episode pertama ini, saya mengambil kejadian dari sebuah buku non fiksi, memoar dr Ang Swee Chai, petugas medis sukarelawan di Lebanon untuk pengungsi Palestina, dalam bukunya From BBeirut to Jerusalem, yang saya pilih untuk baca dan post review bareng bersama BBI bulan Agustus ini.

Suatu hari, aku harus mengeluarkan sebutir peluru dari telapak tangan seorang pemuda Palestina; peluru itu menyebabkan telapak tangannya tak bisa ditutup. Peluru itu tersangkut di tulang metakarpal ketiga. Tidak ada obat bius dan aku harus mengoperasinya tanpa menggunakan sarung tangan, amsker bedah, maupun topi. Aku didampingi seorang perawat yang menggenggam sebatang lilin.
Sebelum memulai, aku memperingatkan dia, "Ini akan menyakitkan-kami kehabisan obat bius."
Ia menjawab dengan tegas, "Doctora, Anda lupa, saya orang Palestina." Apa yang dapat kukatakan kepada pasien yang menjawab dengan kata-kata seperti itu? Operasi itu berhasil dilakukan bahkan tanpa menggunakan pembiusan lokal. (hal 287)
Sebuah momen yang menyentuh hati saya. Bukan sekedar karena si pemuda Palestina harus dioperasi tanpa pembiusan tetapi juga karena jawaban yang diberikan. Sahabat Palestina di sana kerapkali menderita seolah-olah bertambahnya 'penderitaan' tak menjadi pensusah hati bagi mereka. Momen ini, adalah sebuah pengingat bagi saya.

Apa momen dalam buku, yang membuat Anda berkesan? Ikutan yuk meme Scene on Three dengan cara sbb:
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

1 komentar:

  1. salut untuk para pejuang dan relawan yg mengorbankan segala2nya demi kemanusiaan, dimana pun mereka..
    makasih sudah ikut meramaikan scene on three

    BalasHapus