Rabu, 27 Juni 2012

Pandangan dari Pedesaan

Judul: Pandangan Dari Pedesaan: Jalan Baru Menuju Pembangunan
Fotografer: Poriaman Sitanggang
Penulis Artikel: Scott Guggenheim
Teks Tambahan: Joanne Sharp
Penerjemah: Sapardi Djoko Damono
Penerbit: Godown Lontar
Jumlah Halaman: 126
ISBN: 9789792510003

Buku ini merupakan buku berisi kumpulan foto-foto dari Poriaman Sitanggang, berupa foto-foto yang dilakukan di lokasi Program Pengembangan Kecamatan (PPK), salah stau program pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di seluruh Indonesia. Foto-foto yang ditampilkan khas, dengan pewarnaan hitam putih, namun bersifat ekslusif dengan kertas berkualitas baik dan beresolusi tinggi. Disertai catatan khas Scoot Guggenheim dan Joanne Sharp tentang karakteristik program serta studi kasus berbagai penyelesaian masalah oleh masyarakat sendiri, menunjukkan kemandirian serta partisipasi aktif dari masyarakat. 
Foto yang disajikan terasa hidup. Dan memang saya merasakan Poriaman Sitanggang adalah fotografer handal dari hasil jepretan beliau yang ditampilkan dalam buku ini. Benar-benar bisa dirasakan kehidupan di obyek pemotretan. 


Obyek pemotretan tak semata keberhasilan program semata, tapi juga nilai-nilai masyarakat dan kemiskinan yang ada. Menunjukkan Indonesia sesungguhnya. Tak hanya hitam putih sesuai pencahayaan yang dipilih, tapi Indonesia yang berwarna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar