Jumat, 15 Februari 2013

Kasus-Kasus Terakhir Miss Marple

Judul: Kasus-kasus Terakhir Miss Marple
Penulis: Agatha Christie
Penerjemah: Suwani A.S.
Cetakan: III, Januari 2003
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 184
ISBN: 9796058294


Agatha Christie, memang ratu penulis kisah misteri yang jempolan. Beberapa tokoh detektif suah lahir dari tangan dingin beliau. Salah satunya yang terkenal adalah Miss Marple. Miss Marple, seorang detektif wanita yang mengandalkan analisis penyelesaian kasus dari curi dengar. Dan tanpa melalui kegiatan fisik penyelidikan titik perkara.

Dalam buku Miss marple's Final Cases, Agatha Christie menyajikan 6 kasus pendek yang diselesaikan oleh Miss Marple ditambah dua cerita lain. Cerita-cerita tersebut adalah: Sanctuary (Perlindungan), Strange Jest (Lelucon yang Aneh), Tape-Measure Murder (Pembunuhan dengan Pita Pengukur), The Case of the Caretaker (Kasus si Penjaga Rumah), The Case of the Perfect Maid (Kasus Pelayan yang Sempurna), Miss Marple Tells a Story (Miss Marple Bercerita), The Dressmaker's Doll (Boneka sang Penjahit), dan In a Glass Darkly (Teka-teki Pantulan Cermin). Untuk kedua cerita terakhir tidak menampilkan sosok Miss Marple.

Pada kasus Perlindungan, Miss Marple berhasil menyelesaikan pembunuhan seorang lelaki di sebuah gereja di desanya. Peneyelesaian yang sederhana untuk kasus yang rumit, menunjukkan kepiawaian Miss Marple. Pada Kasus Lelucon yang Aneh, Miss Marple dengan kecerdikannya, berhasil menemukan warisan dari seorang paman kepada kemenakannya, di rumah peninggalan almarhum sang paman. Penyelesaian yang menurut saya, tak diduga-duga. Untuk Pembunuhan dengan Pita Pengukur, sayangnya kasusnya terlalu sederhana. Pada Kasus si Penjaga Rumah, Dokter Haydock memberikan teka teki kepada Miss Marple yang berdasar kejadian nyata, untuk memeulihkan kesehatan Miss Marple, yang gemar akan teka-teki. Dan seperti biasa, dengan keanggunan otaknya, kejadian sebenarnya bisa ditebak dengan tepat. Di Kasus Pelayan yang Sempurna, Miss Marple berhasil menuntaskan kasus yang berawal dari dipecatnya sepupu dari Edna, pelayan kecilnya, Gladys oleh Skinner bersaudara. Pada bagian Miss Marple bercerita, diceritakan pengelaman dia menuntaskan pembunuhan Mrs. Rhodes, di mana terdapat prasangka bahwa Mr. Rhodes sendiri yang menjadi tersangka pembunuh.

Sebagai bagian dari karya brilian Agatha Christie, kisah-kisah Miss Marple di sini termasuk cerita yang seru dan asyik untuk diikuti. Keruwetan masalah dalam kasus yang diciptakan, membuat saya terus berpikir namun seringkali gagal menemukan setepat analisis dari Marple. Sayang di Pembunuhan Pita Pengukur, bagi yang sering membaca buku-buku genre detektif, mungkin bisa agak dengan mudah menebak pelaku kejadian. Selain itu, kisah-kisah dalam buku ini akan selalu menarik untuk dibaca.

1 komentar:

  1. hebat ya M M sdh tua, pekerjaan merenda dan mndengarkan gosip tapi analisanya tajam :)

    BalasHapus