Selasa, 26 Februari 2013

Pangeran Bahagia

Judul: Pangeran Bahagia
Judul Asli: The Happy Prince and Other Stories
Penulis: Oscar Wilde
Penerjemah: Risyiana Muthia
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
Jumlah Halaman: 108
Cetakan: I, April 2011
ISBN: 9789790243538

Pangeran Bahagia merupakan buku terjemahan Serambi, dari karya klasik Oscar Wilde, The Happy Prince and Other Stories. Terdiri dari 5 cerita pendek, Pangeran Bahagia (The Happy Prince), Bunga Mawar dan Burung Bulbul (The Nightingale and the Rose), Raksasa yang Egois (The Selfish Giant), Teman yang Setia (The Devoted Friend), dan Roket yang Luar Biasa (The Remarkable Rocket).

Pangeran Bahagia mengisahkan kesedihan di sekitar yang dilihat oleh sebuah patung Pangeran. Patung tersebut melihat di sekitarnya, kemiskinan serta kemelaratan yang menimpa penduduk, dan dengan pertolongan seekor burung walet, akhirnya mampu memberikan pertolongan. Bunga Mawar dan Burung Bulbul, mengisahkan sebuah makna mendalam akan cinta yang kadang dilupakan oleh orang terpelajar sekali pun. Raksasa yang Egois, memaparkan kisah tentang taman bermain yang sering dipakai oleh anak-anak untuk bermain, namun kedatangan Raksasa pemilik taman, yang melarang anak-anak untuk bermain, menjadikan kesedihan di kalangan anak-anak tersebut. Teman yang Setia, memaparkan kesetiaan yang luar biasa dari seorang teman terhadap orang yang rakus. Kisah terakhir menggambarkan tentang Roket yang banyak bicara tetapi gagal menjalankan tugasnya.

Ini pertamakali saya membaca tulisan Oscar Wilde. Dam komentar saya? Wow! Oscar Wilde menceritakan kisah yang sangat menarik. Kelima cerita tersebut merupakan dongeng yang indah. Penggunaan fabel oleh Wilde terasa menyembunyikan karakteristik sifat buruk manusia yang dikritisi di buku ini (kecuali di kisah Raksasa yang Egois dan Teman yang Setia).

Membaca Pangeran Bahagia, merasa saya didongengi oleh Wilde. Kisah sederhana namun mendidik, serasa kembali ke usia anak-anak. Buku ini patut mendapat 4 bintang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar