Senin, 04 Maret 2013

Oliver's Story

Judul: Oliver's Story
Penulis: Erich Segal
Penerjemah: Ade Dina
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 304
Cetakan: II, Juli 2002
ISBN: 9796054256 (ISBN13: 9789796054251)

Buku Oliver's Story merupakan kisah kelanjutan dari buku Love Sory di mana Oliver Barrett IV, harus meneruskan hidupnya yang penuh kesedihan setelah ditinggal meninggal istri yang dicintainya, Jenny Cavilleri. Meskipun merupakan kisah sekuel, tanpa membaca Love Story pun, masih bisa mengikuti buku Oliver's s Story ini.

Ollie pada kali ini, terus didesak oleh Philip Cavilleri, mertuanya, untuk menemukan pasangan hidup baru. Bahkan Phil sampai membuat iklan khusus di surat kabar untuk mencomblangkan Ollie. Setengah terhantui oleh perasaanya terhadap Jenny, di suatu kesempatan, Ollie berkenalan dengan Marcie, dalam sebuah kesempatan berolahraga. Pertemuan demi pertemuan, saat itulah Ollie merasa Marcie cocok untuk menggantikan sosok Jenny. Ketika hubungan terjalin, yang ada adalah kegalauan demi kegalauan yang dirasakan Ollie. Banyak pikiran yang dia rasakan, terkait masalah-masalah yang timbul di antara mereka.

Meski menurut saya tidak sebagus Love Story, Oliver's Story masih memberikan kisah yang menjanjikan, untuk membuat pembaca merasakan keasyikan membaca karya khas Erich Segal. Tak mudah memang menulis sebuah kisah sekuel yang bisa mencapai kesuksesan buku pertama. 

Yang terasa kuat di buku ini, adalah kegalauan pemikiran Ollie. Bahkan sampai dia berkonsultasi dengan dokter kejiwaaan, Dr. London. Berbagai permasalahan dia dipaparkan, di saat inilah pembaca dapat mengerti kondisi kejiwaan sang tokoh utama. Dan ini mungkin yang saya pikir, ceritanya menjadi lebih panjang, yang justrunya, menurut saya amat disayangkan mengingat kekuatan kisah sebelumnya, Love Story adalah kesederhanaan ceritanya.

Tapi buat yang terkesan dengan Love Story, buku ini masih harus dibaca. Beberapa teman saya malah berpendapat buku ini lebih baik dibandingkan Love Story. Overall, selalu ada yang menarik memang dari hasil karya Segal, dari buku mana pun.

2 komentar:

  1. Oliver tipe pria idaman >.< Bahkan ketika maut memisahkan, tetap saja hanya seorang Jenny yang ia cintai :) Buku yang ini lebih menekankan pada hubungan ayah dan anak ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaa. susah jadi sosok seperti Oliver yah

      Hapus