Jumat, 08 Februari 2013

The Alchemyst

Judul: The Alchemyst
Penulis: Michael Scott
Penerjemah: Berliani M. Nugrahani
Penerbit: Matahati
Jumlah Halaman: 503
ISBN: 9791141223

Sophie dan Josh Newman, awalnya tak mengerti apa-apa. Pada awalnya, saudara kembar itu hanya berkerja paruh waktu di dua buah toko yang berseberangan jalan di sebuah daerah di kota San Fransisco. Tapi kedatangan orang-orang aneh di toko milik Nick Fleming, toko buku tempat Josh berkerja paruh waktu, menjadi peristiwa yang mendobrak hidup mereka berdua. Ternyata Nick Fleming, yang diperkirakan hanyalah sorang pemilik toko buku biasa, memilik rahasia besar, yaitu dirinya mempunyai identitas sejati sebagai Nicholas Flamel, sosok yang hidup di abad ke 14, sosok yang dikenal sebagai alkhemis, dan memiliki kemampuan untuk hidup abadi, berkat buku Abraham the Mage, beserta istrinya, Perenelle Flamel. 

Dan dunia yang mereka diami, ternyata juga didiami mahluk-makhluk yang semata dikenal sebagai makhluk mitos/legenda. Makhluk-makhluk hidup itu hidup bersama manusia, terkadang bersembunyi di alam tertentu. Di sini, Sophie dan Josh ternyata termaktub dalam buku Abraham the mage tersebut sebagai sosok yang akan menyelamatkan dunia, dan satu di antaranya akan menjadi penghancur dunia. 

The Alchemyst menurut saya sangat menarik. Dengan alur cerita yang cepat, sedemikian kita balik halaman demi halaman, kita dapat mengetahui informasi tentang seluk beluk makhluk mitologi yang kerap belum kita ketahui. Michael Scott, sang penulis, menurut saya adalah penulis jenius dengan memadukan karya yang berikisah makhluk-makhluk legenda dengan kehidupan masa kini. Dan ketegangan yang diharapakan pun saya dapatkan di sini.

Sayangnya menurut saya, buku ini memiliki kelemahan detail yang terlalu berlebihan. Kadang saya merasa terlalu capai dalam membaca deskripsi dalam buku ini. Meski demikian, buku ini bisa digolongkan sebagai buku yang menarik, fiksi tetapi bisa memberikan pengetahuan tentang mitologi/legenda dari negara lain. Dan dengan ketebalan yang lumayan, 502 halaman, buku ini membuat saya tidak sadar membalik buku sampai cepat habis, saking menariknya isi buku ini.

9 komentar:

  1. Pengen baca buku inii.... TT^TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik deh kak, tapi aku juga cumi, cuma minjem

      Hapus
  2. aaaah. aku punyaaa. belum dibaca dan masih segel. cuma, karena kelamaan disimpen di dus, malah jadi kuniiing. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, mending dihibahkan padaku aja kang #kabur

      Hapus
  3. Duh, gawat, bakal ada yang nggedor2 lemari bukuku nih

    #kekepTheMagician

    BalasHapus
    Balasan
    1. menyelundup ke rak buku kak lila, untuk ngambil buku ini #ninja

      Hapus
  4. aku cuma berhasil baca dua buku :( itu juga punya temenku. pengen deh baca serial selanjutnya..

    BalasHapus