Rabu, 06 Februari 2013

Wishful Wednesday #16

6 Februari, bagi kalangan literarur Indonesia, mungkin dianggap sebagai salah stau tanggal bersejarah. Karena pada tanggal 6 Februari inilah, salah satu penulis besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer dilahirkan. Untuk itu, pada hari ini saya menetapkan buku beliau menjadi buku yang saya masukan untuk meme Wishful Wednesday. Buku tersebut adalah:
Sinopsis 
Kehadiran roman sejarah ini, bukan saja dimaksudkan untuk mengisi sebuah episode berbangsa yang berada di titik persalinan yang pelik dan menentukan, namun juga mengisi isu kesusastraan yang sangat minim menggarap periode pelik ini. Karena itu hadirnya roman ini memberi bacaan alternatif kepada kita untuk melihat jalan dan gelombang sejarah secara lain dan dari sisinya yang berbeda.
Tetralogi ini dibagi dalam format empat buku. Pembagian ini bisa juga kita artikan sebagai pembelahan pergerakan yang hadir dalam beberapa periode.

Roman kedua Tetralogi, Anak Semua Bangsa, adalah periode observasi atau turun ke bawah mencari serangkaian spirit lapangan dan kehidupan arus bawah pribumi yang tak berdaya melawan kekuatan raksasa Eropa. Di titik ini Minke diperhadapkan antara kekaguman yang melimpah-limpah pada peradaban Eropa dan kenyataan selingkungan bangsanya yang kerdil. Sepotong perjalanannya ke Tulangan Sidoarjo dan pertemuannya dengan Khouw Ah Soe, seorang aktivis pergerakan Tionghoa, korespondensinya dengan keluarga Dela Croix (Sarah, Miriam, Herbert), teman Eropanya yang liberal, dan petuah-petuah Nyai Ontosoroh, nertua sekaligus guru agungnya, kesadaran Minke tergugat, tergurah, dan tergugah, bahwa ia adalah bayi semua bangsa dari segala jaman yang harus menulis dalam bahasa bangsanya (Melayu) dan berbuat untuk manusia-manusia bangsanya.

Kenapa saya pilih buku ini? Yang jelas tetralogi buru adalah masterpiece dari PAT. Selain itu, saya juga sudah memiliki Seri pertama Tetralogi Buru, yaitu Bumi Manusia. Semoga saya kelak bisa mengkoleksi keseluruhan buku Tetralogi Buru. Ini wishlist saya minggu ini, bagaimana dengan Anda?

Yuk ikutan ww di blog Perpus Kecil dengan cara:
  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post WW milik mbak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

6 komentar:

  1. yah. nomer satu aja belon punya -____-

    BalasHapus
  2. dulu aku kira buku2 ini bukan tetralogi, jadi langsung baca yang keempat hihihi..feelnya sampe skrg belum dpt lagi utk mulai dr awal =p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, tapi seklai-kali boleh dicoba baca dari BUmi Manusia kak

      Hapus
  3. aku udah baca 'anak semua bangsa' tapi belum punya juga yang nomor 2 ini. belum komplit deh tetralogi pulau buruku

    BalasHapus