Sabtu, 08 Februari 2014

Warna Tanah

Judul: Warna Tanah
Penulis: Kim Dong Hwa
Penerjemah: Rosi L. Simamora
Editor: Tanti Lesmana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Juni 2010
Jumlah Halaman: 320
ISBN: 9789792259278

Saya menyukai karya Kim Dong Hwa, Sepeda Merah dengan tokoh Pak Posnya. Saya suka dengan artwork dan kesederhanaan kisah Sepeda Merah. Karena itu saya tertarik untuk meminjam buku Warna Tanah dari teman GRI Semarang, yang justru kemunculannya lebih dahulu dibandingkan serial Sepeda Merah. 

Warna Tanah mengisahkan kisah hidup Ehwa, seorang gadis cilik, semenjak anak-anak sampai ke masa pubernya. Hidup bersama ibunya, seorang janda pemilik kios minuman, Ehwa hidup dengan kepolosan hidup. Dari ibunyalah ia mendapat berbagai pelajaran serta penjelasan tentang hidup. Kehidupan di sebuah desa di Korea ternyata tak semudah apa yang Ehwa pikirkan. Meski memiliki kecerdasan, berulang kali Ehwa merenungi kejadian di sekitarnya. Kisah inilah yang diangkat oleh Kim Dong Hwa dalam bentul novel grafisnya ini.

Gambarnya sendiri khas manhwa sekali. Kemmapuan Kim Dong Hwa menceritakan dengan gambar dan sedikit kata menurut saya bagus sekali. Meski kadang nilai-nilai yang ditulis tak sesuai dengan kultur Indonesia. Meski demikian, kisah hidup Ehwa memang sarat makna. Kemampuan King Dong Hwa menciptakan karya yang menarik dalam buku ini patut diacungi jempol. 3 bintang dari 5 :)

2 komentar:

  1. aku nemu buku 2 & 3 di buku murah gramedia cuma 10rb mas Tezar. tapi belum baca, nunggu nemu buku 1 ini dulu :)

    BalasHapus