Senin, 06 Februari 2012

Rumah Arwah


Judul: Rumah Arwah - The House of The Spirits
Penulis: Isabel Allende
Penerjemah: Ronny Agustinus
Halaman: 600
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 9789792259131


















Selama ini, saya tidak pernah menyentuh sastra amerika latin, karena berpikir akan kesulitan apabila menghadapi buku dengan latar belakang yang asing. Apalagi genre-nya belum pernah dinikmati. Selama ini sentuhan saya dengan daerah latin ini hanya berkisar pada permainan sepakbola dan sempat beberapa kali menyaksikan telenovela latin.

Namun review teman-teman komunitas goodreads yang menilai baik, bahkan beberapa buku dirating bagus, pada kesempatan meminjam buku, saya sempatkan meminjam salah satu sastra latin, berjudul Rumah Arwah ini.

Kesulitan pertama, tentu saja mengingat nama-nama khas latin. Jarang mendengar nama-nama tersebut, tapi enaknya ketika membaca ini, nama latin yang ada tidak terlalu banyak dan tak terlalu mirip, seperti yang saya bayangkan semula, sehingga masalah dengan nama pun tidak terlalu menganggu. Tapi hentakan awal lansung terlihat, melihat suasana magis yang kental terasa di bagian awal, genrenya saja adalah magick realism, kadang kita mendapat cerita meja berkaki tiga yang bergoyang, bicara dengan arwah, dan ramal meramal, yang dilakukan oleh Clara Trueba.

Menceritakan tentang keluarga Trueba, di mana kehidupan Esteban Trueba memegang kunci jalannya cerita. Segala tindak tanduk Esteban mempengaruhi kehidupan keluarganya. Sampai timbul kebencian dari keluarga Trueba kepada Esteban, meskipun ada kecintaan. Dan dari situ cerita mengalir pada berbagai aspek kehidupan, dari ekonomi, politik, maupun keadaan sosiologi kehidupan rakyat, yang sebenarnya sesuai dengan kehidupan nyata di Amerika Selatan. Aspek-aspek inilah yang menguatkan nilai novel ini.

Saya angkat jempol kepada mas Ronny, sang penerjemah, berani memakai kata-kata yang tak umum dipakai dalam bahasa. Dan secara keseluruhan, buku ini termasuk enak dibaca (saya sendiri butuh waktu hanya 2 setengah hari). Akhirnya, saya telah membaca satu buku bagus lagi. Gracias.

4 komentar:

  1. Masuk historical fiction apa klasik nih mas?

    BalasHapus
  2. lebih mirip historical fiction, secara abstrak menggamabrkan keadaan di amaerika latin.
    Kalau klasik, buku ini kalau nggak salah baru terbit 80-an, jadi mungkin belum masuk tipe klasik

    BalasHapus
  3. Yaaahh.....baru aja mo dipinjem, ternyata pinjeman juga #kecewa. Hehehe....

    Btw saya juga penasaran sama buku2nya Isabel Allende

    BalasHapus
  4. iya mbak, maaf. mungkin ada buku lain yang mau dipinjam :)

    BalasHapus