Sabtu, 28 Januari 2012

The Doctor: Catatan Hati Seorang Dokter


Judul Buku: The Doctor: Catatan Hati Seorang Dokter
Penulis: dr. Triharnoto, SpPD
Editor: Noni Rosliyani
Halaman: 324
Penerbit: Pustaka Anggrek
ISBN: 9786028328166











Dokter, adalah profesi yang kental dengan nilai kemanusiaan. Tapi perlu diingat bahwa dokter sendiri adalah manusia biasa, yang memiliki kelebihan maupun kelemahan. Catatan hati dalam buku ini, yang ditulis oleh seorang dokter menunjukkan hal tersebut. Dokter bukanlah orang yang bisa menyembuhkan segala penyakit tetapi dokter jelas memiliki jalan untuk mewujudkan kesembuhan pasien dari penyakit.

Kisah kehidupan seorang dokter bisa kita dapati di sini. Tak seperti profesi-profesi yang lain, jalan hidups eorang dokter ternyata membutuhkan keseriusan dan kerja keras yang tinggi. Apalagi menyangkut nyawa pasien, memerlukan langkah yang tepat, dan itu harus ditunjang dengan ilmu dan pengetahuan yang tinggi. Susahnya lagi, fasilitas yang diberikan rumah sakit adalah terbatas, seperti yang berapa kali dijumpai oleh sang penulis. Tapi tentu saja, kita perlu menganggap profesi dokter adalah profesi yang mulia.

Buku ini sangat menarik. Tapi sayang penyuntingan buku ini belum optimal. Masih banyak kata-kata yang salah ketik/typho, bahkan tiba-tiba sebuah kata dalam kalimat tercetak dengan huruf kapital. Juga di bagian awal, kalimatnya agak sedikit tidak luwes. Secara keseluruhan, informasi yang diberikan bermanfaat bagi kita, tapi untul lebih memperkaya pengetahuan, buku Smart Patient, karya dr Agnes Tri H, bisa menjadi tambahan referensi yang menarik.

2 komentar: