Sabtu, 28 Januari 2012

Kuantar ke Gerbang


Judul: Kuantar ke Gerbang: Kisah Cinta Ibu Inggit dengan Bung Karno
Penulis: Ramadhan KH
Editor: Nunung Wiyati
Penerbit: Bentang
Halaman: 431
ISBN: 9786028811323



















Di balik Soekarno yang hebat, ternyata ada sosok Inggit Ganarsih. Istri yang kebanyakan orang tidak mengetahui sosoknya. Tapi apa yang tak dikenal itu, justru berpengaruh besar pada Soekarno.

Buku ini menghubungkan kita akan sosok tak dikenal itu, Inggit Ganarsih. Sosok yang pernah dicintai oleh Soekarno, ditulis dengan sangat apik oleh Ramadhan K.H. Banyak kisah Soekarno, yang selama ini tak diketahui oleh umum, disarikan dalam buku ini. Bagaimana ibu Inggit menghidupi kehidupan dengan Soekarno, menyemangati di kala musibah menghadang, mengiringi perjuangan Soekarno muda, sampai menemani Soekarno di pengasingan. Ada kisah yang terungkap dengan indah tentang pengabdian Ganarsih kepada Kusno, panggilan akrab Ganarsih kepada Soekarno, yaitu pengabdian dengan penuh cinta dari seorang istri. Pengabdian yang sudah luar biasa, mengingat Soekarno adalah orang besar, calon pemimpin bangsa, dan pada saat penjajahan kolonialisme, zaman yang orang awam akan mengerti, hidup di zaman itu akan penuh kesusahan dan derita.

Kutipan favorit:
"Ir. Soekarno, ijazah ini dapat robek dan hancur menjadi abu pada satu saat. Ia tidak kekal. Ingatlah, satu-satunya kekuatan yang bisa hidup terusdan kekal adalah karakter seseorang. Ia akan tetap hidup dalam hati rakyat, sekalipun sesudah mati." (Prof. Klopper kepada Soekarno, setelah lulus dari THS Bandung, halaman 63).

3 komentar:

  1. memang luar biasa ramadhan KH ini..setelah menulis ku antar ke gerbang, kabarnya pihak istana meminta ramadhan untuk menulis biografi Pak Harto.

    BalasHapus
  2. jadi inget kalo buku ini belum dibaca, penasaran dgn sosok Inggit

    BalasHapus
  3. @helvry: setuju, tulisannya cukup detail
    @sinta: Inggit: yah, salah satu istri yang bijak

    BalasHapus