Jumat, 16 November 2012

Friday's Recommendation #4

This is Friday! Berarti udah saatnya harus update Friday's Recommendation :) Yay!. Buat yang belum tahu tentang Friday's Recommendation, ini adalah meme yang dihosting oleh kak Ren untuk menampilkan buku yang kita rekomendasikan, untuk diterjemahkan, untuk dibaca, intinya sih recommended untuk majunya dunia perbukuan di Indonesia. Begitu ya? :)

Untuk mengikuti meme ini, silakan menyimak aturannya ya berikut:
1. Pilih jenis rekomendasi buku. Ada dua jenis rekomendasi, yang pertama dan sifatnya mutlak adalah Rekomendasi Buku untuk Diterjemahkan . Jika tidak ada buku yang direkomendasikan untuk diterjemahkan, maka bisa memilih pilihan kedua, Rekomendasi Buku Pilihan. Disini rekomendasikan buku yang paling kamu suka baca dalam minggu ini.

2. Pilih hanya 1 (satu) buku untuk direkomendasikan. Tidak boleh lebih.

3. Beri sinopsis, genre buku dan alasan kenapa kamu merekomendasikan buku itu.

4. Posting button meme di bawah ini :


5. Blogger yang sudah membuat memenya, jangan lupa menaruh link ke blog di daftar linky di bagian paling bawah post FR di blog kak Ren, sehingga pembaca bisa blog walking.

6. Untuk pembaca blog yang tidak punya blog, bisa menulis rekomendasinya di kolom komen.

7. Bahasa yang dipergunakan terserah. Jika memang khusus blog yang menggunakan bahasa Inggris, dipersilakan menulis dengan bahasa Inggris. Begitu juga sebaliknya.

Untuk minggu ini, yang saya rekomendasikan untuk diterjemahkan adalah:

Sinopsisnya yang saya ambil dari goodreads: The award-winning translation of Dostoevsky's last and greatest novel.

When brutal landowner Fyodor Karamazov is murdered, the lives of his sons are changed irrevocably: Mitya is placed under suspicion, Ivan's mental tortures drive him to breakdown, Alyosha tries to heal the family's rifts, and there is always the shadow of their bastard half-brother, Smerdyakov.


Alasan kenapa saya merekomendasikan buku ini untuk diterjemahkan adalah:
1. Ini karya klasik yang hebat. Saat ini saya sedang membaca buku Bukuku Kakiku, isinya pengalaman orang-orang hebat di Indonesia, tentang buku. Salah staunya menulis, buku favoritnya adalah Brothers Karamazov karya Fyodor Dostoyevsky ini.
2. Ratingnya tinggi, 4,26! Dari list friend saya yang memberi rating, minimal kasih 4 bintang,
3. Saya penasaran dengan karya-karya Dostoyevsky. Sudah satu sih yang saya baca, Crime and Punishment. Dan berharap bisa membaca buku ini. Catatan: saya sudah punya adaptasi novel ini dalam bentuk manga. Tapi tentu saja tidak akan memuaskan hanya membaca intisari novelnya.
4. Saya sudah mencoba mengusulkan buku ini, ketika beberapa penerbit meminta saran buku untuk diterjemahkan lewat akun twitter resmi mereka, tetapi sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya. Semoga dengan Friday's Recommendation, ada penerbit yang mau menerjemahkan karya klasik ini.

So, apa rekomendasi Anda?

1 komentar: