Kamis, 31 Januari 2013

Kangen Indonesia

Judul: Kangen Indonesia - Indonesia di Mata Orang Jepang
Penulis: Hisanori Kato
Penerjemah: Ucu Fadhilah
Jumlah Halaman: 144
Penerbit: Kompas
ISBN: 9789797096755

Hisanori Kato, seorang warga negara Jepang, pernah merasakan hidup lama di Indonesia. Ketika pertama kali menginjak tanah Indonesia, banyak hal yang mengagetkan Kato mengenai keadaan di Indonesia. Berbeda jauh, dengan apa yang Kato alami, baik di Jepang ataupun di Amerika Serikat, negara yang juga pernah beliau tinggali. Di Jepang dan Amerika Serikat, Kato menemui kemodernan, sifat individualistik penduduknya. Semua berkebalikan dengan apa yang Kato temui terhadap orang Indonesia.

Dalam buku setebal 144 halaman ini, kita bisa mendapati pandangan Kato tentang Indonesia. Cukup unik, mengingat Kato menulis dengan penuh subyektifitas. Tapi apa yang ditulis merupakan buah perenungan Kato tentang Indonesia yang jujur dan apa adanya. 

Saya terkesan ketika membaca di pengantarnya, Mohamad Sobary menyebutkan bahwa Kato pernah mengamen di bis-bis kota di Jakarta. Tapi saya tertawa ketika Kato menyebutkan alasannya kenapa berani mengamen di bis Indonesia.

Apa yang diceritakan Kato tentang Indonesia kerap membuat kita berpikir. Kato memang menulis dengan menerapkan disiplin ilmunya, sosiologi, tapi apa yang beliau pikirkan rasanya mengena baik di kalangan pemikir, maupun pembaca awam. 

Kato sempat kecewa ketika sudah memesan tiket busway tapi gagal naik bis yang sesuai tujuan. Tapi dia sempat takjub ketika ada orang yang mempersilakan perempuan tua untuk duduk. Banyak pandangan Kato yang menyenangkan untuk Indonesia, tetapi juga banyak kritik yang mungkin akan hilang begitu saja tanpa ada tindaklanjut pemerintah, tetapi mengingatkan kita. Kalau memang berminta dengan pandangan orang asing akan Indonesia, buku ini bisa menjadi salah satu bacaan yang menarik.

Buku Kangen Indonesia ini merupakan salah satu buku pemberian dari secret santa saya di BBI. Sebenarnya saya mendapat 2 buku dari Secret Santa, cuma 1 buku belum saya review karena buku yang saya dapat, ternyata tidak tercetak sempurna, ada halaman yang hilang, dan sekarang masih dalam proses penukaran ke penerbitnya langsung. Jadi maaf buat Secret Santa saya, hanya 1 buku yang saya review.
 
Yang menarik adalah kali ini kita harus menebak siapa secret santa saya, berdasarkan riddle yang diberikan oleh santa saya. Riddle pernah saya posting di sini, tapi akan saya ketik ulang di sini (tepatnya copy-paste sih, hehehe)
 
Nama adalah Doa
Mungkin mereka yang memanggilku
dengan nama itu, berharap
kecerewetanku berkurang
menurutmu? :))

Tralala..... Dari petunjuknya sudah jelas sih, kalau tebakan saya semula sudah benar. Awalnya saya bisa mempersempit pilihan tebakan secret santa saya begitu tahu secret santa saya menggunakan salah satu jasa pembelian buku online, dan yang juga pernah saya pakai. Dari teman-teman BBI, ada beberapa nama yang juga pernah ikut menggunakan jasa online store itu. Tapi kecurigaan saya menguat pada 2 nama. Salah satunya secret santa tahun lalu. Cuma karena pas ketemu di IRF, saya bercanda (sebenarnya agak investigatif sih) menanyakan teman-teman BBI yang hadir saat itu, apakah salah satu dari mereka adalah Secret Santa saya, dijawab bukan, meski jawabannya meragukan. Termasuk secret santa saya tahun lalu. Nah begitu kabar saya mendapatkan hadiah dari secret santa saya dari online store itu, ditambah riddlenya, jawabannya langsung mengkerucut ke satu nama:

Eh katanya si ortunya malu, jadi yang ditampilin foto putrinya yang lucu :)

Ya, berharap kecerewatan berkurang, berarti memelankan suara, atau mute kalau kita ingin melihat TV/Radio tanpa suara. Mute itu yang jelas nama panggilan teman saya di BBI, ya kak Muthiah Faris........ so itu tebakan saya, benarkan, kak Muthe? Terima kasih ya bukunya, saya suka sekali :)

39 komentar:

  1. Wakakakakak.. Tebakan santa nya lucuuuuu.. Keren deh!

    Btw tentang bukunya jadi bertanya2 kalo kita sendiri berkelana ke luar bakalan kangen Indonesia ngga ya? Huuuuummm

    BalasHapus
    Balasan
    1. mestinya sih iya, kalo cinta Indonesia teh, :)

      Hapus
  2. "kecerewetanku berkurang" hahaha pas banget sama akunnya :))

    BalasHapus
  3. kak mute hihi, lucu riddle-nya :D

    BalasHapus
  4. penasaran sama bukunya!
    riddle-nya lucu :))

    BalasHapus
  5. aku lagi ngincer buku ini, covernya menarik. :)
    Tadinya kukira ini buku komik.

    BalasHapus
  6. wah bukunya menarik..boleh dipinjem gak mas tezar hehehe *malah pinjem buku*

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tapi ngantri dulu kak, udah dibooking pinjem nih :)

      Hapus
  7. ang, aku jadi pengen baca bukunya juga >.<
    *masukin wishlist dulu*

    BalasHapus
  8. bukunya keren ihhh =D ternyata indonesia segitu bikin kangen yaaa buat orang2 =) tapi aku kenal banyak orang amerika yang saking cintanya sama indonesia akhirnya balik lagi tinggal disini hihihi...btw riddlenya lucu, baby khansa juga imuuuut

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku ada temen juga orang Blanda yang suka ama indonesia. Padahal gak sampai menetap lho, cuma liburan aja

      Hapus
  9. Aku jg nebak kak Muthe sbg santaku.
    Tapi klo liat riddlenya sepertinya mas Tezar yg bener deh :D

    BalasHapus
  10. Mas Tezar hebat, bisa tahu Santanya siapa sebelum bukunya dateng. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak juga ko aul. pas banget soalnya tahunya

      Hapus
  11. kayaknya bener nih tebakannya, soalnya saya juga tebak mbak mute :)

    BalasHapus
  12. Jadi penasaran juga sama bukunya.

    Aku sih yakin bakal selalu kangen sama Indonesia, soalnya di Indo gampang nemu makanan dari negara mana pun, tapi belum tentu gampang nemuin makanan Indonesia di luar (makanan yang dimaksud seperti gorengan dan cilok) :))

    Eh Kak Mute mana nih?

    BalasHapus
  13. aku aku mau dooonggg buku iniiiii... kayakya bagus...

    BalasHapus
  14. Pas baca riddlenya mas tezar, aku sama sekali ga kepikiran mute loh .. malah ngira2 namanya bakal dr bahasa arab trus artinya santun, kalem, atau alim hahahha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, tapi yang pas memang kak muthe ternyata

      Hapus
  15. aku dataaaang hwahahaha... dr kemaren ga mo komen nunggu postingan mba dewok dulu hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ya ka muthe bukunya. like it

      Hapus
  16. Wah, menarik ya bukunya. Masukin wishlist dehhhh :))

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Selamat Siang, kami dari penerbit Buku kompas ingin mengajak teman-teman untuk datang pada acara"Sharing & Book Signing" buku Kangen Indonesia ini. Pada hari Minggu, tanggal 3 Februari 2013, pk. 14.00 di Gramedia Pondok Indah Mall, di Jakarta.

    Pak Hisanori Kato juga akan hadir dan khusus datang ke Jakarta untuk menghadiri acara tersebut.
    Jadi pastikan Anda hadir ya! :)

    Salam,

    Penerbit Buku Kompas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sayang pas nggak di Jakarta mbak. Tapi terima kasih infonya ya...
      ada temen di goodreads yang pernah nulis kisahnya di jepang, berkbalikan dengan Kato-san. Pas aku recommend buku ini ke dia, dia jadi kepingin ketemu dgn kato-san. Sayang sekarang dia posisi lagi di australia

      Hapus
  19. Balasan
    1. deket, cuma satu jam kalo naik pesawat, hehehe #kabur

      Hapus
  20. wah aku udah pernah liat buku ini, covernya keren ya mas :)
    eh kak mute yah santanya? hehehe

    BalasHapus