Senin, 19 Maret 2012

Kejahatan dan Hukuman


Judul: Kejahatan dan Hukuman
Penulis: Fyodor Dostoyevsky
Penerjemah: Ahmad Faisal Tarigan
Jumlah Halaman: 448
Penerbit: Yayasan Obor Indonesia
ISBN: 9794613819

Berbeda dengan novel kriminal lain, Kejahatan dan Hukuman, salah satu mahakarya Fyodor Dostoyekvsky menunjukkan salah satu kisah yang dalam. Kisahnya sendiri tidak menceritakan tentang bagaimana seting pengungkapan dan penangkapan pelaku kejahatan seperti kisah kriminal biasa, bahkan jalannya pembunuhan yang menjadi kisah pembunuhan dan si pelakunya sudah terang di buku ini, tetapi bagaiaman sang pelaku pembunuhan yang adalah tokoh utama dalam buku ini, bergumul dengan pemikiran-pemikirannya sendiri tentang pembunuhan yang telah dia lakukan.


Rodion 'Rodya' Raskolnikov, tokoh utama dalam buku ini adalah seorang mahasiswa miskin yang memutuskan untuk membunuh Alyona Ivanovka, seorang wanita lintah darat. Ketika melakukan pembunuhan, tanpa diduga oleh Rodya, adik Alyona, Lizaveta Ivanovka datang dan Radya pun harus membunuhnya juga, meskipun tanpa ada rencana untuk itu. Setelah pembunuhan itu, ia berhasil melarikan diri dengan sebagaian harta Alyona yang di sembunyikan kemudian.


Pergulatan Rodya dengan pemikirannya setelah peristiwa pembunuhan tersebut menjadi inti dari buku ini. Beberapa kali interaksinya dengan orang-orang di sekitarnya, hanya menjadikan latar untuk kembali berpikir menagenai pembunuhan yang telah ia lakukan. Dan kisah ini sebenarnya tak hanya bercerita tentang pemikiran mendalam Radya akan pembunuhan yang dilakukannya saja, tetapi juga berputar pada berbagai pemikirannya di berbagai peristiwa yang terjadi setelah pembunuhan tersebut, seperti keinginan Dournia yang berkeinginan menikah dengan Luzhin, yang justru tidak disukai oleh Rodya, guna menyelamatkan keuangan Rodya karena Luzhin memiliki kekayaan, perenungan akan kehidupan Marmeladov dan keluarganya, sahabat barunya yang dia kenal di rumah minum. Kedalaman psikologis tokoh Rodya dalam buku inilah yang menggambarkan novel ini menjadi salah satu kisah klasik yang populer, dan menjadikan BBC memilihnya sebagai salah satu dari 100 novel terbaiknya.

2 komentar:

  1. Loh ini novel ya ternyata. Liat covernya kayak liat buku serius non fiksi hehe (Always judge a book by its cover)

    BalasHapus
  2. Sudah lupa detailnya, tapi terjemahan versi ini memang termasuk bagus, jadi intensitas ketegangannya terasa sekali—pembaca jadi merasa seolah menjadi Rodya

    BalasHapus