Jumat, 29 April 2016

Titipan Kilat Penyihir

Judul: Tititipan Kilat Penyihir
Judul Asli: 魔女の宅急便
Penulis: Eiko Kadono
Penerjemah: Dina Faoziah & Junko Miyamoto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Juni 2006
ISBN: 9792221654
Pada usia 13 bulan tahun, seorang anak penyihir harus memilih untuk apakah akan menjadi penyihir atau tidak. Apabila iya, dia harus melakukan satu tahun mandiri, lepas dari orang tua, memilih untuk hidup di sebuah kota yang tak ada penyihirnya, dan hidup selama 1 tahun. 

Kiki, putri seorang penyihir, Kokiri-San memilih untuk menjadi penyihir. Dia harus meninggalkan kotanya, untuk hidup secara mandiri. Bersama Jiji, kucing hitamnya, ia memilih kota Koriko, untuk tinggal selama satu tahun. Karena kemampuannya hanya bisa terbang dengan sapu terbang, Kiki memilih profesi sebagai pengantar apa saja, ke mana saja dengan sapu terbangnya.

Buku ini cukup menyenangkan bagi saya. Kisahnya mesti tak terasa originalnya, tetapi berhasil membuat saya tertarik dengan kesederhanaan kalimat-kalimatnya. Sayang, konfliknya terlalu sederhana, meski karena genrenya berupa cerita anak, tapi konflik yang rumit seebenarnya bisa dibangun dengan kekuatan kalimat sederhananya. Karena itu jalan ceritanya mestinya bisa lebih menarik lagi.

2 komentar:

  1. 13 bulan tahun itu maksudnya tahun bulan ya mas?

    BalasHapus
  2. aaahhh aku suka deh buku ini, tapi udah lama banget bacanya, bukunya ngga tau sekarang udah di mana hehehe...

    BalasHapus