Sabtu, 15 Juni 2013

Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler

Judul: Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler
Judul Asli: From the Mixed-Up Files of Mrs. Basil E. Frankweiler
Penulis: E.L. Koningsburg
Penerjemah:  Cuning K. Goenadhi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, April 2007
Jumlah Halaman: 200
ISBN: 978979227734

Kisah klasik bergenre anak-anak selalu  menarik untuk dibaca, salah satunya buku ini. Claudia Kincaid, memutuskan kabur dari rumah, karena merasa dikecewakan dari orangtuanya. Namun gadis sebelas tahun ini tak ingin kabur sendiri. Dia mengajak, salah satu adiknya, Jamie, dikarenakan dia memiliki tabungan yang banyak, guna membekali kaburnya mereka. 
 
Tak tanggung-tanggung tujuan kabur mereka adalah New York. Dan sarana tempat mereka tinggal selama kabur, adalah Museum Seni Metropolitan. Berbekal tabungan serta perlengkapan seadanya,k mereka harus mengatur strategi bagaimana tinggal di museum serta tanpa diketahui oleh petugas museum.
 
Petualangan semakin seru ketika museum mendapatkan sebuah patung antik yang diduga hasil karya Michaelangelo. Claudia dan Jamie berusaha menyelidiki apakah, benar patung tersebut hasil karya Michaelangelo, dimana para ahli seni pun belum bisa menemukan kepastian tersebut. Pencarian itu harus berakhir di rumah Mrs. E. Frankweiler, jutawan pemilik patung itu sebelumnya.
 
Sebagai buku anak-anak, memang menurut saya tak mudah bagi anak-anak untuk memahami cerita dalam buku ini. Setidaknya kisah kabur dari rumah, memang bukan contoh yang baik. Setidaknya bagi anak-anak, petualangan dalam menjelajahi museum adalah suatu pelajaran yang bisa didapat. Tapi kalau saya menilai sebagai pembaca, buku ini sangat menarik. Tak heran Newberry Award tahun 1968 dianugrahkan pada buku ini.
 
Kisahnya memang menarik. Kita tak hanya mendapatkan cerita yang menghibur semata tapi keinginan untuk menjelajah akan meluap membaca buku ini. Sebuah kisah yang digambarkan lucu, ketika kita menghadapi keributan kecil antara Claudia dan Jamie, tegang, ketika berusaha tak ketahuan oleh petugas museum, serta sarat nilai dalam seisi buku ini. Sebagai buku klasik, buku ini tak terlampau berat. Yang jelas, buku ini, snaat mengibur dan layak untuk dibaca.

1 komentar:

  1. aku sukaaa buku ini ;) tapi penuturan el konigsburg emang agak "tua" sih zar, untuk buku anak2.. aku udah baca beberapa bukunya dan semuanya emang agak berat hehehe tapi kalo dibaca sama org dewasa justru asik :)

    BalasHapus