Jumat, 07 Juni 2013

9 Summers 10 Autumns

Judul: 9 Summers 10 Autumns
Penulis: Iwan Setyawan
Editor: Mirna Yulistianti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 224
Cetakan: VI, Juli 2011
ISBN: 9789792267662

Iwan Setyawan, mungkin tak akan mengira, kalau dirinya yang hanya anak sopir angkot dan penjual di pasar bisa menjadi seorang direktur di sebuah lembaga research, di New York, kota yang terkenal akan kejamnya kehidupan. Tentu saja tercapainya posisi yang menggiurkan itu tak datang begitu saja, tetapi muncul akibat tekad, perjuangan dan doa dari orang-orang tercentu.

Buku ini menggambarkan, bagaimana Iwan berjuang, dari kesederhanaan, sampai sampai pada karir puncaknya. Menggunakan konsep seorang anak kecil sebagai "bayangan", dimana Iwan menceritakan kisah hidupnya kepada si anak. menjadi sentral dari isi buku ini.

Sayang, meski mengangkat kisah sukses. Saya merasa buku ini lebih kuat di deskripsi keadaan Iwan semasa berkembang sampai ke puncak karirnya, nilai semangatnya yang diharap bisa memotivasi pembaca atau setidaknya memberikan semangat, dirasa kurang tersentuh. 

Selain itu tak konsistennya gaya penceritaan Iwan membuat saya kadang tak menyukainya. Kadang cerita dilakukan dengan berkisah pada sang anak, tapi di beberapa bagian Iwan membuat kisah dengan membuat surat. 

Tapi cerita Iwan yang unik saya suka. Deskripsi seputar Malang, Bogor dan New York terasa hidup, meski Iwan tak bermain dalam berpanjang kata. Selebihnya, selain kagum akan sudah berhasilnya orang Indonesia, berkiprah di luar negeri, bahkan di New York, saya salut akan Iwan yang berhasil menuangkan perjalanan hidupnya dalam sebuah buku.

1 komentar:

  1. nine summer ten autumn merupakan buku motivasi yang hebat :)


    http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus