Senin, 29 Februari 2016

Dilan

Judul: Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990
Penulis; Pidi Baiq
Penerbit: Pastel
Jumlah Halaman: 332
Cetakan: VII, 2014
ISBN: 9786027870413

"Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu aja" (Dilan 1990)

"Milea, jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu, nanti, besoknya, orang itu akan hilang." (Dilan 1990)

"Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli." (Milea 1990)

Duh, kalau membaca blurb buku ini yang saya kutip di atas, bisa ketahuan bagaimana sosok Dilan, yang menjadi tokoh buku ini. Serasa membaca rayuan gombal. Tetapi kalau dicermati lagi, rayuannya bukan rayuan semata. Tetapi kata-kata yang dilontarkan sangatlah unik. Bukan rayuan seperti biasa yang dilontarkan remaja sekarang.

Kisah Dilan memang bersetting Bandung, di tahun 90-an. Masa dimana saya sempat menikmati Bandung juga. Apalagi lokasinya nggak jauh-jauh amat dengan tempat tinggal saya dulu di bandung, serasa bernostalgia. 
 
Kembali ke Dilan, saya terhenyak bagaimana mendapatkan Dilan ketika melakukan pendekatan terhadap Milea, dengan gaya yang unik. Siapa sih yang kepikiran memberi kado buku TTS yang sudah terisi semua? Atau membawakan tukang pijit? Dan tak pelak saya bisa terkekeh-kekeh ketika maembaca buku ini.

Saya beberapa kali di kendaraan umum mendapat buku ini menjadi bacaan di jalan, membuat saya pikir betapa buku ini menjadi populer. Dan memang, ceritanya bagi saya mengasyikkan. Bagaimana akhirnya Dilan berhasil mendapatkan Milea, dengan cara-cara yang khas Dilan banget, sangat di luar dugaan. Dan konfliknya pun bisa melesap dengan baik ke dalam cerita tanpa harus mengganggu tingkah laku Dilan. 

Banyak yang saya baca, bagaimana Dilan menghadapi masalah dengan cara yang berbeda. meski nggak setuju banget ama setiap apa yang dilakukan Dilan, saya tetap harus berlaku sebagai pembaca, menikmati apa pun apa yang tokohnya lakukan dan ya, saya menikmati Dilan, sebagaimana saya memilih dia sebagai buku yang saya rekomendasikan untuk yang bertanya kepada saya buku romance apa yang saya bakal rekomendasikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar