Jumat, 01 Juni 2012

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran

Judul: Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran
Penulis: Mark Haddon
Penerjemah: Hendarto Setiadi
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia
ISBN: 9789799100177
Jumlah Halaman: 320

Seorang anak yang mengalami sindrom Asperger, Christopher Boone, menemukan anjing tetangganya, Wellington, mati terbunuh, pada suatu malam pukul 00.07. Penasaran dengan pelaku pembunuhan tersebut, Christopher berkeinginan menyelidiki kematian anjing tersebut. Perjalanan mencari pelaku pembunuhan tersebut dia tulis ke dalam buku. Dan akhirnya cerita dalam buku ini mengalir, seperti apa yang dituliskan oleh Christopher, dari sisi seorang remaja penderita Asperger Syndrom.

Buku ini sangat unik, dan keren! Pertama-tama saya kaget ketika melihat ilustrasi yang tak umum untuk sebuah buku misteri pembunuhan. Ada gambar rasi bintang, denah stasiun kereta api, pola kursi kereta api, dan lain sebagainya. Juga terkaget-kaget melihat bab pertama, bukanlah bab 1 tetapi bab 2! Selanjutnya adalah bab 3, 5, 7, 11, 13, 17 dan seterusnya yang ternyata menunjukkan urutan angka prima. Membaca sedikit tentang sindrom aspergen memang diketahui bahwa bebrapa penderitanya memiliki kelebihan dalam hal matematika, diwujudkan dalam buku ini tulisan-tulisan Christopher berkait dengan penguasaan ilmu tersebut, diceritakan bahwa dia akan mengikuti ujian matematika tingkat A, juga diapresiasi dalam penomeran bab di buku ini.

Membaca buku ini, berarti kita menyelami gaya berpikir pnderita sindrom aspergen. Penderita sindrom ini bukan berarti orang aneh, mereka hanya sulit berinteraksi dalam hubungan sosial, juga memiliki kemampuan komunikasi yang unik, serta kemampuan pengamatan yang terlalu detail. Sesuatu hal yang mestinya bisa dipahami oleh orang-orang di sekitarnya, cuma karena kebanyakan kita memandang mereka dari sekilas pandangan, sehingga melahirkan pandangan yang mendestruktif.

Saya bisa tertawa, tersentuh, merenung ketika membaca buku ini. Acungan jempol buat Mark Haddon dan penerjemah buku ini, Hendarto Setiadi yang bisa membuat rangkaian kata dalam buku ini begitu mempesona. Akhir kisah yang mengharukan, jalan cerita yang menakjubkan, dunia ilmiah yang termaktub sederhana namun memperkaya ilmu kita, tak bisa saya ungkapkan kualitas buku ini dengan kata-kata selain dengan acungan seluruh jempol saya.

8 komentar:

  1. astaga, judulnya mencolok banget... kirain cerita horor, tnyata ttg sindrom asperger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, judulnya versi anak asperger kali :)

      Hapus
  2. bener2 bikin penasaran ya

    BalasHapus
  3. Hahaha.. Salah satu buku fav aku nih.. Gaya ceritanya yang nyeleneh itu yang bikin seru :)

    BalasHapus
  4. jadi Christopher ini menyelidiki kematian anjing ala ditektif dengan kemampuan dan kelebihan seorang penderita asperger ?

    BalasHapus