Kamis, 05 September 2013

Winter Dreams

Judul: Winter Dreams
Penulis: Maggie Tiojakin
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 291
ISBN: 9789792278125

Nicky F. Rompa harus mengungsi ke Amerika Serikat karena kekerasan fisik yang dilakukan oleh ayahnya. Di negeri impian jutaan orang yang ingin berpindah tersebut, ia tinggal di rumah sepupu jauh ibunya, Tante Riesma dan keluarganya di Boston. Dari Leah, putri tante Risma-lah Nicky mulai mengenal dunia Amerika, dan mengenal Polina, sahabat Lea yang kemudian menjadi dekat dengan Nicky.
Namun karena Lea-pula lah Nicky harus terusir dari rumah tante Riesma. Dan semenjak itu Nicky harus memulai petulangan hidupnya di Boston sendirian, menghadapi kerasnya hidup di Amaerika, dengan mencoba berbagai profesi, meski statusnya sebagai pendatang illegal, dan berteman dengan berbagai orang yang berasal dari berbagai negara di dunia.


Baru pertamakali ini saya menyentuh karya Maggie Tiojakin. Beberapa kali saya membaca resensi atas karya beliau, yang isinya memuji buku ini, bukunya sendiri memang sangat menarik. Meski demikian, eksekusi dari tema besar ke tema kecil menurut saya kurang mulus. Entah, Maggie memang berkeinginan untuk membuat karya yang lebih abstrak tetapi saya merasa seolah-olah jalinan konfliknya masih terasa muncul begitu saja tanpa adanya jalinan yang kuat.

Meski demikian, Maggie berhasil menyusun cerita dengan konflik yang cukup menarik, meski tak semua konflik harus diselesaikan dalam buku ini. Sebagai acungan jempol, buku ini mengisahkan hidup di Amerika tak semudah impain yang muncul bagi pengagum Amerika.

2 komentar:

  1. akhirnya baca juga..eksekusi dari tema besar ke tema kecil itu yang seperti apa mastez?

    BalasHapus
  2. Aku.... Aku masih nimbun buku ini hihihi

    BalasHapus