Sabtu, 15 Maret 2014

Harry dan Gang Keriput

Judul: Harry dan Geng Keriput
Judul Asli: Harry and the Wrinklies
Penulis: Alan Temperley
Penerjemah: Hidayat Saleh
Editor: Poppy Damayanti Chusfani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 336
Cetakan: I, Mei 2008
ISBN: 9789792237610

Harry Barton tidak bahagia. Kedua orang tuanya kaya raya, namun jarang menemuinya. Kedua orangtuanya tiap tahun hanya berlibur. Dan dia diasuh oleh pengasuh yang jahat, Lavinia McScrew, yang dijulukinya Gestapo Lil, yang hanya mau mengorek kekayaan orang tua Harry. Dan bencana timbul ketika kedua orang tuanya meninggal. Harry harus diasuh oleh bibinya, Florrie dan Bridget di Lag Hall.

Ketika diasuh oleh kedua bibinya, Harry menghadapi petualngan-petualngan asyik bersama kedua bibi dan kelompoknya. Petualangan yang membahayakan karena ternyata kelompok bibinya bukan sekedar kelompok orang-orang tua, tetapi penuh aksi dan bahaya.


Sebenarnya tak ada yang baru dalam kisah Harry dan Geng Keriput. Tapi konsep kata-kata yang dibuat oleh penulis buku ini, Alan Temperley, membuat buku ini bisa terasa renyah dibacanya. Meski nilai-nilai yang dikandungnya debatable, sebagai pilihan mungkin buku ini tak cocok dibaca untuk anak di bawah masa pra remaja. Karena bicara tentang buku anak tentu saja harus bicara tentang nilai moral yang diajarkannya.

Buku ini ringan, meski aksi yang digambarkan lumayan keras. Juga perlu dicermati bahwa kekerasannya termasuk vulgar. Meski demikian, sebagai jenis buku anak, ceritanya masih sederhana. Dan asyik memang baca buku ini. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar