Sabtu, 08 Maret 2014

Mystery of Yellow Room

Judul: Mystery of Yellow Room
Penulis: Gaston Lareoux
Penerjemah: Zulfa Simatur
Penerbit: VisiMedia
Cetakan: I, Juli 2013
Jumlah Halaman: 320
ISBN: 9789790651869

Joseph Raouletabille, wartawan muda harian Epoque, bersaing dengan detektif Frederick Larsan, memecahkan misteri kejahatan dalam ruangan tertutup terhadap Mademoiselle Stangerson, putri profesor terkenal Stengerson. Sebuah peristiwa yang mengeriukan di mana sang penjahat tak dimungkinkan kabur dalam sebuah kamar kuning, di mana kunci kamar satu-satunya ada pada Mmle Stangerson. Padahal ketika orang-orang menyerbu masuk ke dalam kamar kuning setelah mendengar teraiakan dari Mmle Stangerson.

Bersama rekannya, M. Jean Sainclair, Roultabille berusaha memecahkan misteri yang tak masuk di akal itu. Dengan bantuan M Darzac tunangan  Mmle Stangerson yang memberikan privillege khusus sehingga Roultabille dapat memeriksa perkara, dia harus beradu pikiran dengan Larsan yang menuduh Darzac sebagai pelaku percobaan pembunuhan.

Kalau kita membaca manga-manga detektif, banyak kasus yang diceritakan dalam ruangan tertutup sehingga menyulitkan perkiraan siapa pelaku kejahatan. Dan Lareoux, sebagai pengarang klasik, perlu dihargai karena tulisannya bisa jadi mempelopori kasus dengan tipe kejadian ruangan tertutup ini.

Meski memberikan kasus yang sulit dipecahkan, saya merasa gaya penulisan Lareoux terasa hambar. Berbeda dengan tipikal menulis tipe misteri klasik yang sebelumnya pernah saya baca, Conan Doyle maupun Agatha Christie. Meski demikian, saya suka sekali dengan ending ceritanya. Dan bagaimana kita mengetahui siapa pelakunya.

Terjemahannya enak. Sayang peta yang diberikan kurang jelas. Dan yang mengganggu mungkin covernya yang kurang menonjolkan misteri. Namun kisahnya tetap menarik untuk diikuti. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar