Senin, 31 Maret 2014

Laba-laba dan Jaring Kesayangannya

Judul: Laba-laba dan Jaring Kesayangannya
Judul Asli: Charlotte's Web
Penulis: E.B. White
Penerjemah: Dina Begum
Editor: Salahuddien Gz
Penerbit: Dolphin
Ceakan: I, 2012
Jumlah Halaman: 240
ISBN: 9789791799805

Sebuah kisah fabel persahabatan yang indah. Wilbur, seekor babi tak mengerti, bahwa ketika ia mulai masuk ke peternakan Mr Zuckerman, kelak ia akan dipoting menjadi daging babi panggang. Beruntung rekan-rekan binatang lainnya mengingatkannya. Dan Charlotte, seekor laba-laba yang menjadi teman barunya di perternakan tersebut berjanji mau memikirkan cara agar Wilbur tak disembelih.

Dan sebagai seorang teman, Charlotte mewujudkan janjinya tersebut. Dengan dibantu Templeton, tikus yang ikut tinggal di peternakan tersebut, Charlotte berhasil membuat keajaiaban sehingga Pak Zuckerman tidak jadi menyembelih Wilbur. Yaitu dengan menciptakan jaring-jaring bertuliskan babi hebat, di mana manusia menyangka Wilbur adalah babi yang membawa mukjizat. 

Sayang setelah Wilbur diselamatkan, Charlotte mengalami penyakit ketuaan dan meninggal. Sebuah kisah kasih sayang antara dua sahabat, yang sangat menakjubkan.

Sebagai kisah yang sudah populer, Charlotte's Web bisa menjadi alternatif cerita untuk berbagai kisha anak yang semakin tak jelas nilai moral yang terkandung di dalamnya. Meski sederhana, E.B. White berhasil menciptakan fabel yang tak miskin dari kata-kata, dan bisa terjalin sebuah novel yang cukup panjang tapi tetap indah. 

Meski demikian saya harus menurunkan rating untuk buku ini karena kurang menyukai ilustrasi di dalamnya. Subyektif sih, tapi memang agak kurang nyaman dipandang, dan bagi saya menganggu isi ceritanya. Selain itu, tak ada halangan untuk memberikan jempol buat buku ini. A wonderful story!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar