Rabu, 19 Maret 2014

Wishful Wednesday #70

Selamat rabu. Rabu yang cerah, semoga cerahnya hari ini membawa buku yang kita inginkan terkabul hehehe. Minggu ini di wishful wednesday, saya mau pajang sebuiah buku yang kayaknya spesial lagi:
Margaret Thatcher karya Charles Moore
Dengan gaya bercerita yang tak tertandingi dan detil yang dramatis, biografi resmi Margaret Thatcher karya Charles Moore mengungkapkan hal-hal yang belum pernah diungkap sebelumnya tentang masa-masa awal kehidupan, kekuasaan, dan kepemimpinan sebagai perdana menteri dari seorang wanita yang mengubah inggris raya dan dunia di akhir abad keduapuluh. Moore memiliki akses unik ke semua dokumen pribadi dan pemerintahan Margaret Thatcher dan mewawancarainya dan keluarganya dengan leluasa saat menyusun buku ini. Banyak di antara teman baik dan kolega Margaret yang menunjukkan dokumen-dokumen, buku harian, dan surat-surat yang belum pernah dilihat sebelumnya dan berbicara padanya (Moore) dengan terang-terangan, tahu bahwa apa yang mereka ungkapkan tidak akan diterbitkan sampai kematian (Thatcher). Buku ini seketika menggantikan biografi lain dan membuka perspektif baru tentang spektrum kehidupan politik Inggris secara luas dari sejak Margaret Thatcher masuk ke parlemen pada 1959 sampai pada puncak kekuasaannya – kemenangan di Falkland pada 1982.

Di antara fokus buku ini adalah surat-surat istimewa tersembunyi yang ditujukan ke saudara perempuannya, Muriel yang menjelaskan tentang masa mudanya: hubungannya dengan orang tuanya; kecintaannya pada pakaian; romansanya di masa muda; kesan pertamanya terhadap Denis Thatcher; masa pacaran dan pernikahan mereka. Buku ini dengan brilian menggambarkan kemauan dan ketegasannya dari awal karir politiknya. Buku ini memberikan penjelasan lengkap dan menarik saat ia merebut kepemimpinan Tory dari Ted Heath saat tidak ada tokoh senior di partai yang mampu menantangnya. Belum berakhir, buku ini juga menjelaskan saat dua tahun masuk ke pemerintahan, ia dikepung dan hari-harinya dipercaya akan segera berakhir. Juga menjelaskan pengalamannya sebagai wanita di dunia politik yang masih dianggap sebagai dunia lelaki.

Charles Moore jelas-jelas mengagumi subjeknya tapi ini tidak membuat buku ini tanpa kritik. Dia menunjukkan apa saja yang mengagumkan tentang Thatcher dan apa yang bisa membuat geram, kekuatannya yang luar biasa dan kadang kerapuhannya yang mengejutkan, jauh lebih meyakinkan dari karya lainnya. Saat ini ketika Margaret Thatcher menjadi tokoh sejarah, biografi karya Moore memberikan penilaian yang mengagumkan bagi subjeknya.
Buku yang berat, selain isinya, tebalnya juga sekitar 1080 halaman. Harganya, bisa dibilang di atas rata-rata harga buku-buku lainnya. Tapi siapa tahu dengan memajang buku ini di WW, harapan memiliki buku ini bisa terkabulkan. Makanya, jangan sungkan ikutan WW, semoga bisa terkabul.

Caranya:
  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post WW milik mbak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlist-nya di hari Rabu =)

9 komentar:

  1. Saya ikut doakan semoga bisa segera terkabul....

    Saya udah pernah baca ini tapi belum sampai selesai :)
    Tentang wishlist, lagi mengincar buku Pride and Prejudice and Zombies by Jane Austen dan Seth Grahame-Smith, mudah-mudahan weekend ini satu buku tersebut udah pindah dari rak buku toko ke rak buku di kamar, hehe

    BalasHapus
  2. Biografi setebal 1000+ halaman? *mundur teratur* :"))

    BalasHapus
  3. Semoga terkabul lalu saya pinjam :D

    BalasHapus
  4. wah ini bukunya menarik :D
    semoga terwujud kakaknya~

    BalasHapus
  5. Ahh, semoga segera terkabul mas :)

    BalasHapus
  6. Menarik... Semoga terkabul ya...

    BalasHapus
  7. 1080? Nggak ah, saya aja baca Inferno udah spektakulieur sendiri, semoga terkabul :)

    @asysyifaahs
    Wishful Wednesday 8

    BalasHapus
  8. waks tebel juga ya buku ini... tapi emang tertarik sih sama sosok si wanita besi ini :) semoga terkabul ya...

    BalasHapus
  9. sekarang udah hari jumat sob jadi selamat hari jumat :)

    BalasHapus