Rabu, 26 Maret 2014

Warna Langit

Judul: Warna Langit
Penulis: Kim Dong Hwa
Penerjemah: Rosi L. Simamora
Editor: Tanti Lesmana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Januari 2011
Jumlah Halaman: 328
ISBN: 9789792265255

Ehwa, harus berpisah dengan Duksam. Tapi perpisahan ini ada untuk pertemuan kembali mereka berdua. Kim Dong Hwa melanjutkan kisah trilogi warna dalam buku terakhir, Warna Langit. Sebuah kisah kehidupan perkembangan Ehwa dari anak-anak menjadi seorang dewasa, dengan nilai-nilai filosofis yang dia gambarkan dalam novel grafisnya ini.

Ide buku ini menarik. Sayangnya, saya merasa penulis terjebak pada nuansa yang salam untuk ketiga bukunya. Hanya proses pendewasaan pada sosok Ehwa, tak ada yang lain. Memang buku ini merupakan puncak dari proses kedewasaan Ehwa dengan ending pernikahan Ehwa dan Duksam. Sejatinya saya harapkan ada perkembangan konflik dan cerita. Sayangnya kebosanan yang saya temui di buku keduanya kembali terulang di buku pertama.

Semakin dewasa Ehwa, justru saya merasakan semakin besar kegalauan Ehwa dan sang ibu tercinta, yang saya baca. Dan tiba-tiba kisha berbelok pada pernikahan Ehwa. Terlalu sederhana. 

Artworknya secara rata-rata masih bagus meski tidak berbeda jauh dengan kedua buku sebelumnya. Juga pilihan pewranaan hitam putih pada novel grafis ini cocok dengan jalan cerita. Di luar jalan ceritanya, saya harus berikan jempol untuk Kim Dong Hwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar