Rabu, 26 Maret 2014

Demi Esme dengan Cinta dan Kesengsaraan

Judul: Demi Esme dengan Cinta dan Kesengsaraan
Penulis: J.D. Salinger
Penerjemah: Anton WP
Penerbit: bukukatta
Cetakan: I, 2014
Jumlah Halaman: 64
ISBN: 9789791032766

Demi Esme dengan Cinta dan Kesengsaraan, adalah paket dua cerita pendek yang dibuat oleh J.D. Salinger, dimana karyanya the Catcher in the Rye terpilih sebagai salah satu dari 1001 karya sastra yang harus dibaca sebelum mati. Bersama cerpen Demi Esme dengan Cinta dan Kesengsaraan, ada cerpen berjudul Hari yang Sempurna bagi Bananafish.

Demi Esme dengan Cinta dan Kesengsaraan menceritakan seorang tentara Amerika yang bertemu dengan seorang gadis yang ikut dalam paduan suara sebuah gereja, Esme. Dalam sebuah kedai teh, sang tentara bertemu dengan Esme yang datang bersam adiknya, Charles dan pengasuh mereka. Sempat terjadi perbincangan singkat antara Esme dan sang tentara dimana terjadi sebuah dialog filosogfis antara mereka berdua. Sebuah perkanalan singkat dan menjadi inti dari cerita ini. Memahami satu sama lain dan bersetuju untuk saling mengirimkan surat. Dan di akhir kisah, Esme mengirimkan sesuatu yang berharga kepada sang tentara lewat surat.

Hari yang Sempurna bagi Bananafish mengisahkan kegelisahan seorang ibu terhadap anaknya, Muriel yang berlibur bersama Seymour, suami Muriel. Di satu sisi, Seymour bertemu dengan Sybil, temannya di pantai. Seymour mengajak Sybil untuk menangkap bananafish di laut.

Sebagai kisah sastra, dua cerpen JD Salinger ini termasuk sebagai karya yang sulit dipahami. Tetapi mengingat latar belakang kehidupan sang penulis, tentu bisa dimaklumi. Sepenangkap saya apa yang dia tulis, mungkin apa yang dia rasakan. Menarik, sebuah sisi kehidupan dari penulis dituliskan dalam sebuah karya pendek, yang meski agak absurb, tapi enjoyable, dan bisa menarik perhatian saya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar