Selasa, 02 Desember 2014

Kisah Despereaux

Judul: Kisah Despereaux
Judul Asli: The Tale of Despereaux
Penulis: Kate DiCamillo
Penerjemah: Diniarty Pandia
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Januari 2005
Jumlah Halaman: 280
ISBN: 9792211845
Despereaux Tilling, seekor tikus kastil mungil, lahir dengan keanehan fisik dibandingkan saudara-saudaranya. Matanya terbuka ketika lahir, dan telinganya terlalu besar. Namun sejatinya, tak hanya perbedaan fisik. Kesukaan Despereaux juga berbeda dengan saudara-saudaranya. Ia menyukai musik, dan gemar membaca. Juga, ia mencintai manusia! Pea sang putri kerajaan. Keadaan yang membuat Despereaux harus dihukum dicevloskan ke daerah tikus got.

Sementara itu Roscuro, tikus got, juga memiliki perbedaan dengan teman-teman sejenisnya. Di saat teman-temannya sesama tikus got menggemari kegelapan dan penderitaan orang lain, ia ingin mencari cahaya.

Ada kisah tentang manusia juga, Miggery Sow. Ketika kecil, ia dipertukarkan dengan taplak meja berwarna merah. Dan ia, menjadi anak yang disuruh-suruh sampai ketika ia sampai ke kastil kerajaan, dan ingin mewujudkan impian yang tak mungkin ia capai.


Kisah Despereaux mengajarkan tentang sebuah cinta. berbentuk fabel, buku ini meupakan sebuah bingkaian kisah yang indah. Tak heran buku ini mendapatkan Newbery Medal. Meski demikian, penggambaran kisahnya menurut saya terlalu gelap. Sehingga saya mengurangi nilai dari buku ini.

Saya menyukai peran Despereaux dalam buku ini. Ketakutan dan keinginan bersatu padu dalam sosok tikus mungil ini. Mengingatkan saya pada tak mungkin kesuksesan hanya bersumber dari impian semata, tetapi tetap ada ketakutan yang akan dihadapi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar