Kamis, 22 Desember 2011

Harry Potter dan Batu Bertuah (Harry Potter, #1)




Harry Potter mungkin tak akan menyangka, bahwa dia adalah seorang penyihir. Siapa sangka, hanya diberitahukan oleh paman dan bibinya yang mengasuhnya dengan tidak baik, keluarga Dudley, orangtuanya mati karena kecelakaan mobil, tapi sebenarnya kedua orang tuanya adalah seorang penyihir, yang dibunuh oleh seorang penyihir jahat, Voldemort. Dan dia harus melanjutkan hidupnya seperti kisah kedua orangtuanya, belajar sihir di sekolah sihir-Hogwarts untuk menjadi penyihir. Namun bukan sekedar penyihir biasa, karena ketika hendak dibunuh oleh Voldemort dalam usaha membunuh kedua orangtuanya, dia berhasil selamat. Dan berkat itulah, ia digadang-gadang kelak akan menjadi seorang legenda penyihir. Dalam buku Harry Potter dan Batu Bertuah ini mengisahkan kehidupan Harry dalam tahun pertamanya di Hogwarts.

Wow, kesan itu yang saya dapatkan setelah membaca buku ini. Seolah-olah dunia sihir benar-benar nyata di hadapan kita, lengkap dengan berbagai makhluk aneh yang tak kita temui di kehidupan nyata. J.K. Rowling memang layak mendapat acungan jempol untuk karya Harry Potter ini. Kisah sekolah sihir sendiri rasanya cukup unik, tak hanya mengisahkan tentang penyihir semata, tetapi juga kisah menjadi penyihir dalam kehidupan berjenjang Harry.

Harry Potter merupakan salah satu fenomena dalam dunia perbukuan. Siapa sangka, J.K. Rowling yang hanyalah seorang single-mother tak dikenal bisa menciptakan mahakarya di dunia perbukuan. Tak tanggung-tanggung jutaan buku terjual habis, dan setiap edisi barunya terbit, antrian pembeli sangat panjang untuk bisa membeli bukunya. Tak heran, mengingat kisahnya sangat bagus. Fantasi yang ada, kisah sekolah sihir, manusia yang disebut sebagai muggles, permainan Quidditch, makhluk aneh, dan lain sebagainya bisa memikat pembacanya.

Judul: HARRY POTTER DAN BATU BERTUAH
Penulis: J.K. Rowling
Penerjemah: Listiana Srisanti
ISBN: 9789792231205
Halaman: 384

3 komentar:

  1. woooaaaa.....ini ceritanya br baca sekarang ato cuma baru nge-review skr, mas?
    btw salam kenal ya

    BalasHapus
  2. dulu pas baca pertama jg gitu..kena sihir HP gak mau berhenti baca..

    BalasHapus
  3. @AS Dewi, ini baca yang kedua kalinya. Yang pertama masih culun, belum begitu suka ama genre fantasy, hahaha. Jadi ini dalam rangka mulai menyelami HP, setelah mulai suka fantasy, heheheh
    @mb Yayun: sip deh, ini lagi lanjut terus ke seri-seri berikutnya :)

    BalasHapus