Jumat, 15 Juni 2012

Artemis Fowl

Judul: Artemis Fowl
Penulis: Eoin Colfer
Penerjemah:
9789792209617
Artemis Fowl, adalah remaja 12 tahun, cerdas, miliarder, berasal dari keluarga kriminal. Di saat muda Artemis Fowl harus kehilangan ayahnya yang hilang ketika kapalnya diledakan oleh mafia Rusia, dan ibunya harus kehilangan ingatan. Nmaun Artemis tidak sendirian, karena didampingi oleh Butler, pengawal sekaligus pembantunya, yang juga secara turun menurun melayani keluarga Fowl.
 
Artemis dengan penelitian dan kecerdasannya akhirnya menemukan ada mahkluk lain yang mendiami bumi ini, kaum peri dan sebangsanya. Dan dengan berhasil menemukan dan menerjemahkan kitab milik kaum peri, dia bisa mengetahui seluk beluk kehidupan bangs amereka dan mengetahui bahwa mereka memiliki emas yang banyak. Guna mendapatkan emas tersebut, Fowl berusaha mencuri salah satu makhluk tersebut untuk dijadikan sandera. Dan peri yang tertangkap, adalah Kapen Holly Short, anggota kepolisian LEP. Atasan Kapten Short, Komandan Root berusaha untuk mengembalikan kembali Short serta mencegah pengetahuan akan dunia peri tidak meluas di kalangan Lumpur (manusia dalam bahasa mereka).

Colfer, selaku penulis mengangkat tradisi fantasy kuno di kawasan Britania dengan mahkluk peri, leprechaun, centaur, trol dan lain sebagainya dengan cukup menarik. Bagian awal terlalu datar, dengan deskripsi yang terlalu banyak, dan setelah menginjak bagian pertengahan cerita langsung mengalir dengan cepat. Perburuan yang terjadi antara Root dan Fowl sangat menarik. Sihir, senjata canggih ala dunia peri, makluk aneh melawan kecerdasan Fowl dan kekutaan Butler. Saya sendiri tak merasakan siapa protagonis dan antagonis di kisah ini, bagi saya tak jelas, yang ada hanyalah adu taktik.

Ada yang menarik bagi saya adalah kritikan Colfer melalui makhluk dunia peri kepada kehidupan manusia. Kita terlalu merusak dunia. Keindahan dunia sudah dianggap musnah. Saya percaya bahwa apa yang dituliskan Colfer adalah otoritik untuk bangsa manusia yang tak mampu merawat titipan dunia ini.

Sekedar informasi, Artemis Fowl masuk dalam Top 100 BBC Novels sehingga bisa dibilang novel ini merupakan salah satu novel yang banyak disuka.

2 komentar:

  1. Hehehe...Fowl ini salah satu favoritku. Colfer beneran deh pintar mengembangkan cerita sampai kita gak bs memutuskan apakah Artemis itu protagonis ato antagonis. Buku2 berikutnya makin seru, mas

    BalasHapus
  2. Untung sudah memborong ini di obralan. tapi kudu menghabiskan timbunan dl sebelum membuka segel :p

    BalasHapus