Kamis, 16 Januari 2014

Islam Sehari-hari

Judul: Islam Sehari-hari
Penulis/Ilustrator: vbi_djenggotten
Editoir: Firdaus Agung
Penerbit: Qultummedia
Cetakan: 3, Mei 2013
Jumlah Halaman: 116
ISBN: 9789790272548

Lagi-laki mas VBI menghasilkan sebuah karya yang menarik. Kartun otokritik terhadap kebiasaan sehari-hari yang tak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Meski apa yang dilakukan rasanya sudah sesuai dengan ajaran agama, tapi sebenarnya apa yang dilakukan justru bertentangan dengan ajaran agama. Misalkan dalam sebuah bagian, mas Vebi menceritakan kisah perayaan Isra Miraj di sebuah kampung, tetapi yang terjadi adalah meski ada pengajian tentang pentingnya sholat, acara tetap berjalan meski azan sudah dikumandangkan. Bahkan sholat baru dilaksanakan setelah acara makan-makan.

Islam tak lepas dari kehidupan sehari-hari. Itu seperti yang digambarkan oleh mas Vebi. Ilustrasi yang beliau gambarkan dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari, dan ya, kisahnya bis amembuat senyum tersungging, atau tertawa. Meski mungkin apa yang dikritik adalah kelakuan kita sehari-hari kita.

Dan tak perlu berpening-pening membaca buku ini. Cukup menikmati buku ini, tersenyum dan semoga bisa meresapi isi buku ini. 4 dari 5 bintang untuk buku ini :)

2 komentar: