Sabtu, 05 April 2014

Monggo Mampir

Judul: Monggo Mampir
Penulis: Syafaruddin Murbawono
Desain Sampul dan Isi: Bintang Hanggono
Fotografer: Bambang Tri Atmojo
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Juli 2009
Jumlah Halaman: 264
ISBN:  9789792240870

Yogya. Sebuah kota yang sangat mengesankan. Sebagai kota pendidikan dan pariwisata, Yogya menawarkan hal-hal yang berkesan untuk penduduk dan pengunjungnya. Salah satyunya dari sektor pariwisata makanannya. Banyak rumah makan-rumah makan di Yogya dan beberapa di anataranya menyajikan makanan yang sedap. Syafaruddin Murbawono, merangkum beberapa di antaranya dalam buku ini: Monggo Mampir.

Dibagi menjadi 21bagian, di mana tiap bagian mewakili satu jenis makanan, penulis menggandeng seorang seniwan Butet Kertaradjasa untuk mampir dahar dan mengomentari masakan di rumah makan-rumah makan tersebut. Di tiap rumah makan ada sedikit analisis, berisi alamat, menu, dan kadang sejarah dan sedikit perbincangan dengan pemiliknya.

Ditambah foto-foto yang menarik, desain isi yang cantik, serta kertwas berwana membuat buku ini terlihat cantik luar dalam. Kekayaan isinya pun lumayan variatif dan banyak. Beberapa warung makan saya baru tahu dari buku ini. Dan enaknya, buku ini pun dilengkapi dengan peta di bagian akhir buku ini, sehingga bisa menjadi petunjuk praktis bagi yang ingin berwisata kuliner di Yogyakarta dan sekitarnya.

Sayangnya, ulasan yang tak seragam di tiap bagian membuat saya kadang seperrti kurang merasakan detailnya. Ada rumah makan yang diulas panjan lebar, ada yang hanya sedikit sekali. Di luar itu, pembahasannya kurang variatif, tak berbeda jauh dengan buku-buku travelling biasa. Lepas dari kekurangannya, buku ini sebenarnya bisa menjadi petunjuk, bahwa Yogyakarta dengan kekayaan wisata kulinernya, tak akan tenggelam dalam kemajuan tempat-tempat pariwisata modern semacam mall ataupun fast food restaurant. Sebuah kekayaan, yang selalu menakjubkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar