Senin, 21 April 2014

House of Silk

Judul: House of Silk
Penulis: Anthony Horowitz
Penerjemah: Inggrid Nimpoeno
Penerbit: Nourabooks
Cetakan: I, Desember 2012
Jumlah Halaman: 384
ISBN: 9786029498578

Edmund Carstairs, seorang pengusaha di bidang seni, mengunjungi Holmes dan berkonsultasi bahwa dia diikuti oleh seorang penjahat dari Amerika Serikat yang mengikutinya semenjak setahun yang lalu. Penyelidikan Sherlock Holmes dan Dr. John Watson mengantarkan kepada misteri rumah Sutra, sebuah tindak kriminal tingkat tinggi, di mana Mycroft Holmes, kakak Sherlock tidak dapat melacak organisasi ini. Sebuah kejahatan yang membingungkan dan Sherlock pun mendapat ancaman pembunuhan. Dari misteri yang sederhana, berkembang ke sebuah kasus yang maha kompleks.

Dan kali ini Holmes harus mengalami sebuah tantangan yang berat!

Meski tidak ditulis oleh Arthur Conan Doyle, saya merasa karya ini yang paling mendekati tulisan aslinya. Pantas kalau karya ini diakui secara resmi oleh keturunan Sir Arthur sendiri. Awalnya saya merasa kalau penulis terlalu terpaku pada gaya penulisan Conan Doyle, namun akhirnya semakin dalam, saya merasakan bahwa tipikal ini tak menjadikan House of Silk menjadi sebuah cerita yang terlalu Doyle-sentris.
 
Awalnya saya memang sempat ragu ketika Holmes menebak kedatangan Watson dengan gaya induksi. Terlalu sederhana dan tak semenkajubkan tulisan Doyle tapi twist yang mengejutkan di ending, menjadikan buku ini bisa dianggap sebagai buku detektif yang mendekati gaya Holmes aslinya. Dan menarik ketika Horowitz mengangkat sosok Moriarty dalam buku ini. Apakah dia akan menulis kisah pertemuan Holmes dengan Moriarty?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar