Jumat, 27 Maret 2015

Segenggam Gumam

Judul: Segenggam Gumam
Penulis: Helvy Tiana Rosa
Editor: Agustrijanto
Penerbit: Syamil
Cetakan: September 2003
Jumlah Halaman: 171
ISBN: 9799793279779

Helvy Tiana Rosa, salah satu sastrawati terkemuka Indonesia, pendiri dan mantan ketua Forum lingkar pena, menuliskan esai-esai terkait dunia penulisan dan sastra, yang beberapa di antaranya dikumpulkan dalam buku ini, Segenggeam Gumam. Ada sekitar 14 esai, membahas tentang sastra Islam, peluang dan hambatan penerbitan buku Islam, bacaan anak-anak, kajian tentang sastra luar, tips menulis, FLP sendiri serta analisis beberapa karya sastra dari dalam maupun dari luar negeri.

Esai-esai ini sendiri menurut saya sangat menarik. Meski tak melulu membahas teori sastra, penulis juga adalah alumnus Fakultas Sastra UI dan kini mengajar di UNJ, bagi pembaca karya-karya sastra ada beberapa hal yang menambah informasi. Misalkan tentang FLP. Sebuah komunitas yang luar biasa, kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kemajuan sastra di Indonesia.

Juga kajian menarik tentang dunia menulis, dalam hal ini Helvy mengangkat tips dari Josip Novakovich, duduk dan lakukan. Tak hanya seputar duduk semata dan menulis saja, tetapi Helvy menerangkan sebuah pengembangan tahapan ketika menulis. Cukup mendalam dan membantu buat orang-orang yang berkeinginan menulis.

Terkait analisis karya sastra, memang buku ini melampirkan beberapa contoh, dari yang dilakukan oleh Helvy. Dari buku ini saya menangkap, ternyata dalam sebuah karya, dalam bentuk cerita pendek pun, bisa dianalisis dalam berbagai gaya, dan hasilnya pun kita tak hanya melihat suatu cerita dari satu sisi semata tetapi juga menjadi lebih memahami akan sebuah nilai cerita.  

Terlepas dari beberapa poin yang terlalu subyektif, dalam buku ini. di sisi inilah Helvy berani mengajukan pandangannya. Sebuah kekayaan tulisan, bagi saya, ketika membaca buku ini. Dan bagi siapa pun pelaku sastra, buku ini meski terlalu tipis, atau bahkan sederhana, tapi bisa membuat kita menjadi lebih berwawasan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar