Rabu, 11 Maret 2015

Kisah 47 Ronin

Judul: Kisah 47 Ronin
Judul Asli: The 47 Ronin Story
Penulis: John Allyn
Penerjemah: Theresa Dewi
Penerbit: Matahati
Cetakan: IV, Juli 2007
Jumlah Halaman: 312
ISBN: 9791141061

Kisah 47 Ronin merupakan sebuah kisah yang melegenda di dataran Jepang. Kisah tentang 47 Ronin (samurai tak bertuan) bawahan Lord Asano. Dimana Lord Asano karena keadaan terpaksa, harus menyerang Kira, pejabat istana yang korupsi. Meskipun kira tidak tewas, Lord Asano harus menjalani seppuki (bunuh diri dengan menggunakan pedang samurai).

Dendam segera muncul dari samurai bawahan Lord Asano, Oishi. Sepanjang satu tahun setelah kematian Lord Asano, ia berusaha untuk mengumpulkan anak buahnya, demi mewujudkan suatu balas dendam. Usaha yang mendebarkan, karena usaha tersebut memakan waktu dan energi yang besar. Serta harus dijalankan dengan kerahasiaan penuh. Apakah Oishi mampu meneruskan tekadnya untuk membalasdendamkan pada Kira?


Sebuah kisah dramatis, Jepang di abad ke-18 tersaji dalam buku ini. Sebuah kisah epik yang akhirnya melegenda sebagai salah satu sejarah samurai di Jepang. Filosofi Samurai di buku ini terasa kuat sekali. Juga tentang nilai-nilai kehormatan yang dijunjung tinggi dalam kehidupan seorang samurai. Dan memang karena belakangan saya menyukai genre hisfic berlatar Jepang, buku ini menjadi salah satu pustaka berharga bagi saya.

Memang gaya penulisannya bisa dibilang terlalu monoton. Tapi detail ceritanya cukup menarik. Sebagai sebuah penceritaan ulang sebuah sejarah, buku ini snagat memadai, meski untuk dikatakan sebagai sebuah novel yang bagus, perlu dianggap kurang memadai. Terlepas dari sejarahnya yang sudah difilmkan, buku ini memang menjadi sslah satu pustaka yang bagus untuk mengetahui kisah 47 Ronin selengkapnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar