Senin, 23 Maret 2015

Singgah

Judul: Singgah
Penulis: Jia Effendie, Taufan Gio, Alvin Agastia Zirtaf, Yuska Vonita, Adellia Rosa, Dian Harigelita, Anggun Prameswari, Aditia Yudis, Bernard Batubara, Putra Perdana, Artasya Sudirman
Editor: Jia Effendie & Siska Yuanita
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Januari 2013
Jumlah Halaman: 252
ISBN: 9789792292176

Saya tertarik buku ini, terus terang karena covernya. Karena memang saya menyukai sarana transportasi umum, dan buku ini dari covernya menampilkan apa yang saya sukai. Serta blurbnya memang menjanjikan isinya juga,: Terminal, bandara, pelabuhan, stasiun: Tempat persinggahan, keberangkatan, perhentian. Ada 13 cerita pendek dari 11 penulis, yang mengisahkan sepenggal hidup, yang bersentuhan dengan tempat-tempat tersebut.
 
Sayang, meskipun temanya menjanjikan buat saya untuk bisa menikmati isi cerita-cerita di dalamnya, saya kurang terkesan. Seakan-akan, hanya begitu saja. Ada sih beberapa cerpen yang menurut saya relatif lebih bagus, seperti Dermaga Semesta, Kemenangan Apuk, atau Langit di Atas Hujan. Tetapi menurut saya tak terlalu istimewa, untuk meninggalkan kesan menyenangkan bagi saya. Terkadang, saya malah cuma bisa berkata, o, gitu tho, cuma untuk berkesan terhadap suatu cerpen.

Meski demikian, di tiap kisah memang memiliki karakteristik unik. Terlepas dari kurangnya penilaian dari saya, setiap cerpen bisa jadi memiliki nilai yang lebih dari pembaca yang lain. Tapi bagi saya, covernya saka yang memberikan kesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar