Selasa, 03 April 2012

Garuda 5: Utusan Iblis

Judul: Garuda 5: Utusan Iblis
Penulis: F.A. Purawan
Editor: Sukini
Penerbit: Tiga Kelana
Jumlah Halaman: 702
ISBN: 9786028535229

Sentika, Pramesti, Widura, Anggraini, dan Rangga adalah kumpulan pendekar hebat yang terkumpul menjadi kelompok pasukan Garuda. Mereka bergerak di aliran kebaikan. Ada salah satu tugas yang maha penting buat mereka. Pendekar Gila, guru Sentika memberikan kitab lontar yang meramalkan di setiap enam ratus enam puluh enam tahun, iblis akan menurunkan utusannya ke muka bumi, untuk menguasai dunia. Tugas yang berat, bagi pasukan Garuda adalah mencegah turunnya utusan iblis ke dunia, yang kebetulan akan terjadi di masa mereka hidup di saat itu. 

Di tengah usaha menggagalkan turunnya sang utusan iblis ke bumi, pasukan Garuda ternyata berjumpa dengan Ki Sangeti pendekar beraliran hitam, yang menginginkan bersatunya dia dengan utusan iblis. Didampingi Ratu Suromenjani, ratu dunia makhluk gaib yang menjadi istrinya dan 12 Malaikat Pencabut Nyawa yang merupakan anak buahnya, Ki Sangeti berusaha mengusahakan kedatangan utusan iblis itu guna bisa bersatu dengannya. Namun pasukan Garuda, di bawah komando Sentika, berhasil mencegah kedatangan si utusan iblis dan bahkan berhasil mengalahkan dan membunuh Ki Sangeti yang memiliki keahlian silat sangat tinggi. Tapi janji terucap oleh Ki Sangeti sebelum terbunuh, bahwa dia akan meneruskan usahanya untuk kembali bersinergi dengan utusan iblis itu, pada kedatangan berikutnya, yang berarti enam ratus tahun kemudian.

Di saat yang ditunggu-tunggu itu, Jaka, seorang siswa biasa di SMA Raya tapi memiliki jabatan sebagai ketua OSIS, mengalami mimpi-mimpi aneh, berupa peristiwa-peristiwa yang dialami oleh Sentika di saat hidupnya. Ternyata mimpi-mimpi itu menjadi indikasi, bahwa Jaka adalah keturunan dari Sentika, dan dia mendapat tugas yang sama dengan Sentika di masa hidupnya dengan mewarisi kemampuan Sentika, untuk mencegah munculnya utusan iblis, bersama-sama dengan teman-temannya, yang juga merupakan keturunan dari anggota lain pasukan Garuda tapi belum dia ketahui siapa saja, membentuk kembali pasukan Garuda untuk mencegah utusan iblis menguasai dunia.

Saya merasakan bahwa novel Garuda 5: Utusan Iblis ini, sangat menarik. Meskipun saya rasa unsur kejutan dalam alur cerita kurang, karena kita dengan mudah akan tahu, misalkan siapakah Prasti dan Robby itu, dua orang baru yang langsung akrab dengan Jaka, dan siapa penerus pasukan Garuda 5 meski belum nyata dalam jalannya cerita. Tapi kekuatan novel ini saya rasakan lebih pada deskripsi perkelahian yang menarik dan mengesankan, seolah-olah kita bisa merasakan melihatnya dalam komik/acara televisi, dan ini bisa sedikit mengatasi cerita, yang menurut saya biasa-biasa saja. Juga beberapa footnote sedikit menghibur. Sayangnya  saya tidak menangkap kesan sebagia anak SMA di jalinan kisah Garuda 5. Rasanya mendapati tokoh-tokoh yang dewasa, dengan segala karakteristiknya. Ketebelan buku ini pun sebenarnya tidak membuat gentar, ketika mulai membaca, rasanya bisa menikmati dan lancar-lancar saja.

6 komentar:

  1. wah ini karya mas Pur ya? fikfan lokal yang dr dulu pengen membacanya, tp sayangnya di harga aduh harganya bo! Andai bisa minjem

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. aku aja minjem perpus :)

      Hapus
    2. perpus mana mas kok ada beginian, eh kmaren liat ini di shopping center katanya diskon 50% *elap dompet

      Hapus
    3. perpusda prov. di yogya kan ada juga tuh. 50% ya lumayan, jadinya sekitar 50ribuan :)

      Hapus
  2. Waaaw. Ada repiu baru! Thanks banget. Boleh di link di grup FB G-Fivers, ya :) FAPur

    BalasHapus