Sabtu, 21 April 2012

Mr. China

Judul: Mr. China- Kisah Dramatis tentang Kejatuhan Wall Street di Negara Tirai Bambu
Penulis: Tim Clissold
Penerjemah:
9789793064468

Mr. China mengisahkan kiprah "Pat" yang mendapatkan dana US$ 400 juta dari investor-investor Amerika, bersama Tim Clissold, penulis buku ini, untuk menginvestasikan dana tersebut ke berbagai pabrik yang ada di China. Pada masa itu, China memang sedang melakukan reformasi ekonomi setelah terkungkung cukup lama, sehingga peluang pasar yang ada, dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, dan ramalan pertumbuhan ekonomi China yang akan meledak, membangkitkan optimisme Pat, lulusan MBA dari salah satu sekolah bisnis terkemuka di Amerika untuk menjalankan investasi tersebut. 

Berkeliling pabrik-pabrik di China, melobi dewan investor di Amerika, serta bergerak melobi kalangan pemerintah, dan membeli saham-saham pabrik tersebut, dijalankan oleh Pat bersama Clissold. Benturan-benturan awal tercipta begitu melihat lokasi pabrik-pabrik yang sulit dijangkau, juga pemimpin pabrik yang tak memiliki pandangan bisnis bervisi ke depan, serta birokrasi yang lamabat, justru tak menghalangi optimisme Pat. 

Namun kultur China ternyata menghambat jalannya investasi. Berjuta-juta dollar yang telah diinvestasikan hanya berdampak kerugian-kerugian. Beberapa malah menghasilkan perselisihan hebat dengan pemilik perusahaan. Apa yang dijumpai oleh Pat dan Clissold justru kaang hal-hal sepele namun dampaknya bisa snagat buruk. Kesulitan-kesulitan yang dijumpai, tidak bisa teratasi dengan teori bisnis modern.

Clissold, sebagai pelaku dari gagalnya investasi bisa bercerita dengan sangat detail. Meskipun apa yang ditulis, adalah dari sisi dia selaku pelaksana investasi, kita bisa mendapatkan detail kegagalan yang terjadi, seolah-olah dia kadang bisa berada di sisi sang China. Beberapa hal secara tidak langsung yang ditulis oleh Clissold, menambah banyak pengetahuan tentang sisi lain dari China. Sekarang mungkin kita tahu ekonomi China berkembang pesat. Banyak orang kaya baru lahir di China. Meski cerita di buku ini mungkin hanyalah sedikit kisah di balik kebangkitan ekonomi China, kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap di balik kebangkitan tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar