Sabtu, 22 September 2012

Cadas Tanios

Judul: Cadas Tanios
Penulis: Amin Maalouf
Penerjemah: Ida Sundari Husen
Jumlah Halaman: 262
Penerbit: Obor
ISBN: 9794613223

 
Tanios, diduga adalah seorang anak haram dari cheikh, pemimpin desa Kfaryabda, yang diduga merayu Lamia, wanita tercantik di desa itu, yang dinikahi oleh Gerios, anak buah Cheikh sebagai kepala rumah tangga di istana Cheikh. Namun Cheikh menolak tuduhan terhadapnya dengan berani bersumpah di atas injil yang dipegang oleh bibi Tanios, istri paroki. 

Cerita Cadas Tanios berlanjut ketika intrik politik yang mempengaruhi negeri Libanon di saat itu, mengakibatkan terjadinya pembunuhan terhadap kepala gereja, oleh Gerios, dan membuat Tanios dan Gerios melarikan diri ke negara tetangga.

Cadas Tanios, bagi saya adalah sebuah karya yang cukup unik. Ini untuk pertamakalinya saya membaca karya Amin Maalouf. Pada awal-awal saya merasa bahasanya cukup berat sehingga beberapa kali ingin membaca buku ini saya gagalkan. Tapi ternyata kemudian, semakin membaca ke dalam, bahasanya semakin mudah dipahami. Terjemahannya juga asyik.

Asyiknya kerumitan peristiwa di Libanon pada abad ke 19 diceritakan dengan baik oleh Maalouf. Meski latar belakang pengetahuan sejarah saya agak minim, membaca buku ini tak membuat saya berkening kepala. Dengan award yang didapat, yaitu Prix Goncourt 1993 dan Grand Prix des Lecteurs membuat buku ini memang sudah diakui bagus di kalangan sastra eropa.

5 komentar:

  1. oalah terjemahan, kupikir buku orang indonesia, abis desain covernya, ngingetin ma bukunya Pak Tohari jaman jadul

    BalasHapus
  2. yap, ini terbitan thn 1999, makanya covernya juga klasik :)

    BalasHapus
  3. aku masih stuck baca ini. Kapan2 dilanjutin deh :)

    BalasHapus