Jumat, 28 September 2012

Bicycle Diaries

Judul: Bicycle Diaries
Penulis: Nadia Aghnia Fadhillah
Penerbit: Konin
Jumlah Halaman:  180
ISBN: 9786027673212

Buku Bicycle Diaries ini merupakan curahan tulisan bebas ala @nadanakaneh dalam blog pribadinya. Bersama buku ini, Anda akan merasakan bagaimana @nadanakaneh menulis dan menulis.... apa yang dipikirkannya, apa yang dilihatnya, apa yang dicita-citakannya, serta apa isi hatinya.

Sebagaimana 'aktivis mahasiswa' pada usianya, @nadanakaneh memiliki idealisme yang berarti kehidupan yang lebih baik, meskipun di sisi lain, apa yang dia tulis mungkin akan menimbulkan jengah tersendiri buat orang-orang yang dia kritik dalam tulisannya, misalkan apa yang dia tulis dalam postinagn berjudul Tanggung Jawab Arsitek berikut:
Kesalahan dalam menggambar yang sering dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa Arsitektur, diperbaiki dengan menggambar ulang di kertas yang baru, dengan ukuran kertas yang biasanya besar. Padahal di sisi lain, banyak orang yang melakukan penghematan kertas.
Interaksi saya dengan penulis memang minim, hanya mengacu pada beberapa kali pertemuan tanpa arti, dan dari twit-twit beliau, saya meraba-raba bagaimana apa yang dia tulis sejauhmana pemikirannya bergerak. Saya paham bagaimana @nadanakaneh merasa risau melihat sesuatu yang dia rasakan sangat merugikan rakyat, seperti kebijakan pemerintah yang tidak berlandaskan kepentingan masyarakat, karena saya juga sempat merasakan hal yang sama selama menjadi mahasiswa, kebetulan satu universitas dengan penulis, meski beda jurusan dan beda fakultas. Dan beruntunglah @nadanakaneh, karena dia berhasil mencatatkannya dalam media blog, kemudian membukukannya, hal yang tak sempat saya pikirkan. 

Saya tak akan menilai dan mengkomentari apa yang @nadanakaneh tuliskan dalam resensi ini, karena isi pemikiran yang dia tuliskan, adalah saya yakin, murni berasal dari olah hati dan oleh pikiran snag penulis, dengan realita yang dia hadapi. Yang jelas, saya bisa belajar dari penulis, dari bukunya ini, alhamdulillah. Dan semoga tulisannya bisa menggerakan, satu demi satu pembacanya ke arah yahg lebih baik.

7 komentar:

  1. covernya bagus! dan sepertinya isinya juga bagus. Buku yang memuat idealisme penulis itu seringkali menarik buat dibaca, minimal bisa diajak merenung dan membaca pikiran orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, didesain sendiri ama penulisnya :)

      Hapus
  2. Oh, @nandanakaneh ini nulis buku ya.. padahal selama ini saling follow tapi tak tahu apa-apa diriku~ jarang interaksi juga :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, padahal satu kampus lagi, lho*

      Hapus
  3. Kalo ada waktu, silakan hadir di Warung Kelir (Jl Gunungsari 14, depan futsal Joyoboyo)Surabaya, Hari Minggu, 18 November, 19.30 WIB. Berbincang tentang Catatan Harian sebagai modal penulis. Menghadirkan: Nadya Nadine (menulis 1000 puisi untuk selfhealing), Nadia Aghnia (menulis catatan harian dan dibukukan)

    BalasHapus