Selasa, 31 Desember 2013

Anak Rembulan


Judul: Anak Rembulan
Penulis: Djokolelono
Editor: Ary Nilandari
Penerbit: Mizan Fantasi
Cetakan: I, Agustus 2011
Jumlah Halaman: 350
ISBN: 9789794336373

Nono, dalam liburannya ke Wlingi, tiba-tiba terserap ke dalam sebuah negeri misteri. Negeri di mana kekuatan sihir benar-benar ada dan terjadi perbutan kekuasaan kerajaan Jawa Kuno! Ketika ditugaskan kakeknya untuk membeli tahu, secara misterius sepedanya hilang. Dan ketika mencari sepedanya, Nono terperosok ke dalam isapan kali Njari. Dan muncul-muncul, dia berada di negeri antah beantah tersebut.

Dalam negeri tersebut, Nono harus berkerja keras di warung mbok Rimbi. Dan dia bertemu dengan gerombolan semut hitam yang menjadi pelanggan warung mbok Rimbi. Misteri demi misteri mengelilingi Nono dalam ketersesatannya tersebut. Dan Nono, dengan kaos Manchester United kebangaannya, harus menghadapi semua misteri tersebut.


Saya sangat suka Pak Djokolelono mau mengangkat kisah fantasi dengan balutan kisah budaya Jawa. Meski terkesan kacau dengan alur ceritanya, kisah Anak Rembulan ini cukup menarik. Beberapa hal yang patut diacungi jempol adalah illustrasinya yang bagus di dalam (sayangnya berbeda dengan cover di depan), juga keberanian penulis membuat kisah, seolah tanpa patokan khusus. Seadanya. 

Namun hal tersdebut justru yang membuat kisah Anak Rembulan seolah-olah menjadi terlalu frontal. Saya tak merasa mendapatkan alur cerita dalam garis besar urutan cerita. Tanpa acuan meski ada alur yang masih tampak, saya masih bingung dengan garis besar ceritanya yang seperti tidak ada fokus mana yang diceriatakan oleh penulis. Meskipun ya, kisah berakhir sebagaimana mestinya.

Terlepas dari gaya bertutur yang seadanya, sebagai sebuah karya fantasi lokal, Anak Rembulan patut diacungi jempol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar