Selasa, 03 Juni 2014

Konstelasi Rindu

Judul: Konstelasi Rindu
Penulis: Farah Hidayati
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, November 2013
Jumlah Halaman: 352
ISBN: 9786020300122

Rindu Vanilla, memilih memberontak pilihan abahnya, untuk kuliah di Surabaya. Dia memilih untuk tinggal di Yogyakarta, sebagai mahasiswi arsitektur Universitas Mayapada. Tentu saja agar tidak dimarahi abahnya, Rindu merahasiakan pilihan kuliahnya. Adakah alasan yang membuat Rindu menentang keinginan abahnya?

Di Yogya, Rindu harus hidup dengan sangat berat sebagai mahasiswi Arsitektur. Tugas yang menggunung, ditambah kehilangan buku agenda kesayangannya yang memuat rahasianya. Dan ia mendapatkan kiriman ganti  dari seseorang mengaku Amedeus, yang sebenarnya adalah teman seangkatannya. Dan di tengak kehidupan perkuliahannya, ada kisah tentang rahasia yang dia sembunyikan dari teman-temannya. Teman-teman dekatnya, Djo, Bening, Langit, Sherin dan Saras.


Kisah perjuangan mahasiswi arsitektur menuntaskan perkuliahannya dan masalah kehidupan sehari-hari ini, menurut saya cukup manis disajikan oleh penulis. Meski bergenre romance, yang saya sendiri termausk jarang mengakrabinya, buku ini tak terjebak dalam sekedar kisah romantisme belaka. Banyak buku romance yang saya baca hanya bertutur sejati pada kisah percintaan belaka. Tambahan tema hanya sekedar melengkapi. Tapi buku ini, saya rasakan penulisnya pintar untuk melengkapi dari sekedar kisah cinta antara Rindu dan Langit, dengan berbagai topik yang mengayakan buku ini.

Tak perlu menangisi mungkin bagian-bagian di kala cinta belum tepat sasaran, buku ini saya rasakan memang kuat di alur kehidpan biasa seorang mahasiswi arsitektur. Dan nuansa Yogyanya kuat! Itu juga yang membuat saya senang ketika membaca buku ini, karena sama dengan sang penulis, saya juga sempat mengecap petualangan kuliah di kota itu.

Dan terlepas dari sisi kenangan akan Yogyakarta, buku ini memang enak dibaca. Tak sekedar hanya berakhir pada sisi romansa belaka namun juga kaya akan sebuah makna hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar