Sabtu, 25 Januari 2014

Gelombang 5

Judul: Gelombang 5
Judul Asli: The 5th Wave
Penulis: Rick Yancey
Penerjemah: Angelic Zaizai
Editor: Barokah Ruziati
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Desember 2013
Jumlah Halaman: 576
ISBN: 9789792291155

Gelombang 1: Listrik padam
Gelombang 2: Tsunami
Gelombang 3: Wabah Sampar
Gelombang 4: Peredam

Cassiopeia Marie Sullivan, sepanjang buku lebih suka disebut Cassie, beruntung (atau malah sial) bisa tetap hidup dalam empat gelombang (serangan) alien ke bumi. Dalam empat gelombang, alien telah mengurangi milyaran julah penduduk bumi, sampai-sampai Cassie bertanya-tanya, apakah dia makhluk hidup terakhir yang ada di muka bumi? Dengan membawa senjata M16 dan pisau 25cm-nya, dia harus berspekulasi, setelah lolos dari gelombang 4, apakah manusia yang dia ketemui, adalah manusia sejati ataukah alien yang menyamar jadi manusia bumi.

Dan kini, ia berhadapan dengan gelombang 5.
Ia bertemu dengan seorang pemuda tampan, yang menyelamatkannya dari seorang peredam, Evan Walker. Justru belakangan ia harus meraba-raba, siapakah Evan Walker sebenarnya. Musuh atau teman? Pilihan yang mengarah pada kepastian hidup dan matinya. Juga masih ada janjinya, untuk menemui adiknya, Sammy, yang dibawa pasukan mliter ke pangkalan yang aman. Tapi Cassie masih belum tahu, apakah adiknya masih hidup atau mati.

Jujur, gambaran alien yang saya punya langsung berubah banyak setelah membaca buku ini. Gelombang 5 merupakan satu buku yang membuat saya berpikir, buku ini bisa memberikan efek menegangkan meski banyak kegalauan sang tokoh, Cassie, dalam menghadapi tantangan di depan matanya. Tak perlu risau dengan kegalauan Cassie, karena mungkin hal yang sama akan kita lakukan kalau berada dalam posisi yang sama dengan dia. 

Meski PoV dibuat berbeda-beda, ceritanya semakin lama semakin menantang, untuk mengetahui misteri di balik Gelombang 5. Tak bikin kesal karena ketebalannya. Dan aliennya sendiri, argghhh, benar-benar di luar dugaan. Tapi buku ini pantas saya sukai. Meski kisah tentang alien sudah banyak bertebaran dalam dunia fiksi, buku ini bisa membuat kisah yang mengenyangkan.

4 komentar:

  1. Aku baru mau masukin di WW Rabu depa >.< Eh Abang yang satu ini sudah review >.<

    BalasHapus
  2. hahah, iya mastez. biasanya alien kan ijo ijo gimana gitu yah, atau ganteng ganteng kaya cerita yang satu itu, eh di sini aliennya beda ._.

    BalasHapus
  3. Hahahaa, kisah yang mengenyangkan :D

    BalasHapus
  4. Kalau ternyata sebagus ini, harusnya dulu nggak aku drop dari currently reading list.
    Terjemahannya bagus nggak mas?

    BalasHapus