Rabu, 01 April 2015

Katalis

Judul: Katalis
Judul Asli: Catalyst
Penulis: Laurie Halse Anderson
Penerjemah: SP Dyah Purnamasari
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Januari 2011
Jumlah Halaman: 264
ISBN: 9789792266030

Kate Malone, salah satu pelajar SMA terpintar di sekolahnya, putri pendeta di kotanya, dan atlet unggulan sekolahnya, sepintas adalah cewek yang ideal. Apalagi harapannya cukup besar untuk diterima di MIT, kampus favorit di Amerika. Nmaun sosok Kate ternyata memiliki beban hidup yang cukup tinggi. Untuk melepas kekesalan pada dirinya, ia kerap berlari di malam hari tanpa tujuan.

Ketika surat jawaban dari MIT datang, kekecewaanlah yang diterima oleh Kate. Karena ia tidak diterima, padahal ia tak mendaftarkan ke perguruan tinggi lain, sebagai cadangan. Ditambah, rumahnya ketamabahan penghuni baru Terry Litch dan adiknya Mickey. Karena rumah keluarga Litch terbakar. Sanggupkah Kate bisa melewati hari-harinya, ketika harapannya telah terpupuskan?


Saya suka buku ini. Bagimana penulis akhirnya embuat dua versi Kate, Kate baik dan Kate jahat. Menjelaskan bahwa di balik seorang yang keliahatan luar biasa pun ada sosok di dalamnya yang juga mengerikan. Terasa realistis bukan? 

Juga bagaimana Kate melihat kehidupan. Tak hitam putih, banyak penimbangan sebagaimana remaja seusianya, kegalauan, dan tak sekedar impian indah semata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar