Kamis, 30 April 2015

Shocking Japan

Judul: Shocking Japan
Penulis: Junanto Herdiawan
Editor: Sophie Mou & Ikhdah Henny
Penerbit: B first
Cetakan: II, Oktober 2012
Jumlah Halaman: 162
ISBN: 9786028864640

Jepang, bagi sebagian orang merupakan tanah yang ingin dituju. Negara maju ini, memang memiliki banyak daya tarik yang memikat berbagai kalangan dari beberapa penjuru dunia, termasuk Indonesia, untuk bisa mengunjunginya, baik itu untuk berwisata, berkerja ataupun bersekolah. Junanto Herdiawan, seorang warga negara Indonesia, yang berkerja di Indonesia telah menuliskan beberapa episode kehidupannya ketika tinggal di Jepang, dalam blog pribadinya. Beberapa kumpulan tulisannya dibukukan dalam bukiu Shocking Japan: Sisi Lain Jepang Yang mengejutkan.

Buku ini terbagi dalam 4 bagian: Tak disangka-sangka, Perlu Tahu Nih!, Bukan Kuliner Biasa, dan belajar dari Sini Yuk. Dari tiap bagian yang dari judulnya sudah kelihatan maksudnya, kita bisa membaca beberapa postingan penulis terkait isi bagiannya.

Awalnya, saya merasa buku ini snagat menarik untuk dibaca, dari judulnya sudah membangkitkan rasa penasarean saya, untuk lebih mengetahui Jepang lebih dala lagi. Apalagi ditulis oleh sama-sama orang Indonesia, yang setidaknya sudah paham tentang Indonesia, sehingga isi bukunya bisa lebih ekploratif pada hal-hal yang belum/tidak ditemui di Indonesia.

Memang isinya adalah hal-hal yang tidak dijumpai di Indonesia. Sayangnya, buat yang sudah sering membaca tentang Jepang, entah novel, manga, anime dan lain-lainnya, isi bukunya hanya sedikit memberi pengetahuan baru tentang Jepang. Dan akibatnya tidak memberikan isi yang mengejutkan, sebagaimana judulnya. Memang, rasanya buku ini menjadi hambar, tapi mungkin bagi orang yang awam akan Jepang, bisa lebih bermanfaat. Ada sih satu dua hal yang baru saya ketahui, seperti es krim tertinggi di dunia, hari belut nasional. Tapi efek kejutannya tak terasa.

Yang patut mendapat acungan jempol, buku ini mengangkat sosok orang Indonesia yang berhasil di Jepang dan orang Jepang yang mencintai Indonesia, sampai-sampai membuat restoran khas masakan Indonesia. Bangga jadinya, sebagai warga negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar