Jumat, 30 Agustus 2013

Lonceng Nagasaki

Judul: Lonceng Nagasaki
Penulis: Takashi Nagai
Penerjemah: Ismet Fanany
Peneerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, 1989
Jumlah Halaman: 224
ISBN: 9794036196

Lonceng Nagasaki merupakan memoar dari dr. Takashi Nagai, seorang dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Nagasaki, ketika mengalami peristiwa peledakan bom atom oleh pasukan sekutu, 9 Agustus 1945, salah satu momen yang menyebabkan Jepang menyerah pada Perang Dunia II. Momen tersebut memang akan dikenang sepanjang masa oleh bangsa Jepang, dan penulisan memoar ini oleh dr. Takashi Nagai, menjadikan kenangan pahit sekaligus memberitahukan kepada kita, betapa rusaknya akibat yang ditorehkan oleh senjata terdahsyat yang pernah diciptakan manusia.

Kejadian yang diceritakan begitu nyata oleh penulis. Sampai pada momen-momen mengerikan yang terjadi setelah bom atom dijatuhkan oleh pasukan sekutu. Begitu mengerikannya, sampai-sampai matahari pun dikira sudah meledak. Dari segi medis, penulis yang juga menjadi korban selamat dari bom atom tersebut menjelaskan detail-detail akibat yang ditimbulkan secara media bagi korban-korbannya.

Biasanya kita hanya tahu dari sejarah yang diajarkan di sekolah tentang peristiwa peledakan bom atom ini, namun dengan membaca buku ini, detail-detail kengerian yang ditimbulkan oleh sebuah senjata mungil bisa mengakibatkan sebuah bencana yang luar biasa, dan membuat memoar ini terasa menyentuh. Bagi saya yang kurang dalam buku ini, adalah penggunaan kata-kata yang kurang lugas dalam bercerita, sehingga terasa membingungkan saya di beberapa bagian cerita.

Kisah ini, sebagai sebuah perjalanan hidup dunia dan dalam lingkup sejarah pergolakan dunia, terasa sekali maknanya. Sebuah karya yang tak pernah usang.

3 komentar:

  1. waduh, ini pasti ngeri banget deh ceritanya :( suka nggak tahan sama buku2 perang yang ceritanya gamblang..

    BalasHapus
  2. Baru tau ada buku ini, jadi pingin baca. Terbitan tahun 89, pasti sudah susah nyarinya nih :)

    BalasHapus
  3. Permisi min, mau nawarin novel "Lonceng Nagasaki" ini. bagi yang minat bisa mengunjungi www.aksiku.com, toko buku bekas online,

    http://www.aksiku.com/2014/08/jual-novel-lonceng-nagasaki-takashi.html

    Makasih min.
    Salam.

    BalasHapus