Jumat, 02 Agustus 2013

Oda Nobunaga #1

Judul: Oda Nobunaga Vol. 1
Penulis: Sohachi Yamaoka
Penerjemah: Ribeka Ota
Peberbit: Kansha Books
Cetakan: I, Juni 2013
Jumlah Halaman: 465
ISBN: 9786021798115

Kisah Oda Nobunaga, bagi penggemar sejarah bangsa Jepang tentu sudah menjadi cerita yang biasa dibaca dan didengar. Siapa yang tak kenal tokoh yang terkenal akan visinya menyatukan bangsa Jepang ini. Sohachi Yamaoka, dalam buku ini, menggambarkan seluk beluk perjuangan Oda Nobunga, dalam mewujudkan visinya, mencapai Jepang bersatu.

Cerita diawali dengan kehidupan Nobunaga, yang dianggap sebagai manusia bodoh karena tingkahnya yang aneh semenjak lepas dari upacara kedewasaan. Namun siapa snagka, sikapnya yang dianggap bodoh dan aneh itu, berlandaskan sebuah pemikiran ke depan, yang tak bisa diperkirakan oleh orang-orang sekitarnya. Perkawinannya dengan Putri Noh,putri Saito Dosan mengukuhkan sifat visioner Nobunaga. Di balik strategi penguasaan Saito Dosan menikhakan putrinya dengan Nobunaga, putra Nobuhide, penguasa Kastel Nagoya, untuk menguasai Kastel Nagoya, justru menimbulkan ketakjuban dari Saito Dosan, karena kepintaran Nobunaga, bahkan berbalik mendukung Nobunaga.

Meski demikian, tetap saja ada sifat perlawanan terhadap Nobunaga, termasuk dari adiknya Oda Nobuyuki dan orang-orang di sekitarnya. Di tambah perlawanan dari Yoshusatsu terhadap kepemimpinan ayahnya, Saito Dosan semakin keras. Nobunaga dituntut untut berjuang keras, menyatukan kekuasaannnya di balik perpecahan serta berusaha untuk mewujudkan cita-citanya, menyatukan Jepang.


Kisah Oda Nobunaga oleh Sohachi Yamaoka ini bisa dibilang memikat saya untuk membalik lembar demi lembar. Meski sudah pernah sempat membaca beberapa bagian kisah hidup Nobunaga di buku lain, ketertarikan saya tak padam untuk menghabiskan buku ini. Sebuah kisah menarik, yang disajikan dengan kalimat yang enak dibaca -terjemahannya pun sangat bagus, ada sedikit typo. tapi tak mengganggu konsentrasi membaca saya.

Sebagai bahan acuan sejarah seorang tokoh, bisa dirasa buku ini tak membosankan. Bagi yang belum pernah mengetahui latar belakang sejarah Jepang di masa Nobunaga, mungkin akan kesulitan mencerna sistem pemerintahan yang sedikit rumit tapi begitu memahami alur keluarga serta sistem kekuasaan di sana, saya rasa akan lancar ketika membaca buku ini.

Buat pemerhati dan penggemar sejarah dan perpolitikan di Jepang, buku ini tentu snagat menarik. Bahkan buat penggemar kebudayaan Jepang, buku ini juga sangat berharga, untuk dibaca. Dari kisah Nobunaga inilah kita bisa lebih memperkaya ide dan pengetahuan kita tentang Jepang, sebuah negara yang besar, tak besar begitu saja, tapi berkembang dari masa silam, salah satunya dari era Nobunaga ini.

2 komentar:

  1. buku yang isinya mirip diatas apa aja, yang itinya mempunyai tujuan untuk mempersatukan jepang

    yang saya tau baru Swordless Samurai.

    BalasHapus
  2. buku ini sangat seru pokoknya... disetiap lembarnya serasa ada konflik melulu. jadi tidak membosankan.
    yang paling bikin cekakaan adalah saat obunaga hendak melamar miyuki jadi selir. sampai2 kehabisan kata2..
    mantap gan

    BalasHapus